Jumat, 12 April 2019 13:20

Sorlip Surat Suara Terlambat, Setting Logistik Pemilu di Cimahi pun Tersendat

Reporter : Fery Bangkit 
Proses setting logistik di Gedung SGS Hardjuno, Jalan Encep Kartawiria, Jumat (12/4/2019).
Proses setting logistik di Gedung SGS Hardjuno, Jalan Encep Kartawiria, Jumat (12/4/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi hanya memiliki waktu empat hari lagi untuk menyelesaikan setting logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Sebab, seluruh logistik Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ditargetkan mulai terdistribusi ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 15 April mendatang.

Baca Juga : H-6 Pencoblosan Pemilu, Panwascam Sindangkerta Ramai-ramai Ancam Undur Diri

"Sekarang prosesnya tinggal memasukan ke dalam kotak. Termasuk surat suara dan sebagainya. Kami berharap tanggal 15 April mulai didistribusikan" kata Komisioner KPU Kota Cimahi, Djayadi Rachmat saat ditemui di Gedung SGS Hardjuno, Jalan Encep Kartawiria, Jumat (12/4/2019).

Setting atau pengepakan kebutuhan Pemilu 2019 itu berlangsung di Gudang LKDM, Padasuka, Cimahi Tengah dan Gedung SGS Hardjuna. Berdasarkan pantauan di Gedung SGS Hardjuna, sejumlah petugas KPU dibantu relawan demokrasi dan masyarakat sekitar tengah melakukan proses pemberkasan seperti surat suara, formulir, tinta, bilik suara dan sejumlah kebutuhan ATK di Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Cimahi.

Baca Juga : Gerakan Rabu Putih Ansor untuk Mensukseskan Pemilu 2019

"Kita perkirakan proses settingnya sudah 80 persen, tinggal 20 persen lagi," klaim Djayadi.

Proses setting logistik Pemilu di Kota Cimahi sedikit terlambat. Hal itu dikarenakan proses Sortir Lipat (Sorlip) surat suara di Kota Cimahi pun terlambat dibandingkan dengan wilayah lain. Sejak menerima kiriman Sorlip, saat itu KPU belum memiliki tempat yang refresentatif untuk melakukan Sorlip.

Baca Juga : Polisi Tegaskan Bakal Tindak Tegas Pelakunya

Dikatakan Djayadi, terlambatnya proses Sorlip surat suara itu akhirnya berdampak terhadap proses setting seluruh logistik Pemilu di Kota Cimahi. "Waktu Sorlip lumayan terlambat. Kita waktu itu belum ada gudang, cari gudang dulu jadi ada keterlambatan," jelasnya.

Meski ada keterlambatan, Djayadi memastikan kebutuhan seluruh logistik pesta demokrasi tahun ini aman. Termasuk kerusakan surat suara yang sudah ada penggantian dari KPU RI.

"Surat suara yang rusak sudah diganti. Logistik sudah aman hanya tinggal setting. Pokoknya kita kejar tayang, tanggal 15 April sudah beres dan didistribusikan," tandasnya.

Baca Lainnya