Kamis, 14 Maret 2019 16:27

Sorlip Jutaan surat Suara Pemilu 2019, KPU Cimahi Siapkan 'Duit' Rp 140 Juta

Reporter : Fery BangkitĀ 
Tumpukan surat suara Pemilu DPRD yang akan di sorlip Jumat.
Tumpukan surat suara Pemilu DPRD yang akan di sorlip Jumat. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Sortir lipat (sorlip) surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Cimahi baru akan dimulai Jumat (15/3/2019).

Ada 1.555.595 lembar surat suara yang yang harus dituntaskan dalam beberapa hari ke depan. Rinciannya, 1.663.964 untuk pemilihan DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi, serta 393.901 surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Cimahi. Ditambah lagi dengan surat suara Pilpres yang belum diterima KPU Kota Cimahi.

Baca Juga : Taman di Cimahi Dikepung APK Peserta Pemilu 2019

Untuk Sorlip surat suara itu, KPU Kota Cimahi baru menyiapkan sekitar 200 petugas yang diambil dari warga sekitar Cimahi. Jumlah petugas masih bisa ditambah, disesuaikan dengan kebutuhan.

"Untuk sementara sudah ada 200 orang. Mudah-mudahan bisa ditambah lagi," ujar Djayadi Rachmat, Komisioner KPU Kota Cimahi saat ditemui di Gedung SGS Hardjuno, Jalan Encep Kartawiria, Kamis (14/3/2019).

Baca Juga : Banyak APK Terpasang di Taman, Begini Respon DPKP Cimahi

Dikatakannya, para petugas Sorlip akan mendapatkan upah Rp 80 perak per lembar surat suara. Angka itu ada penambahan dari rencana awal, yakni Rp 75. Total, ada sekitar Rp 140 juta yang disiapkan KPU Kota Cimahi untuk kegiatan Sorlip.

Dengan upah itu, para petugas akan dibebani target 1.500 lembar surat suara per harinya. Estimasinya, surat suara itu harus selesai 15 sampai 20 hari ke depan.

Baca Juga : Daerah Lain Sudah Sorlip, di Cimahi Baru Pemindahan Surat Suara dari Gedung ini ke Gedung itu

"Targetnya per orang bisa sampai 1.500 lembar per hari. Jam kerjanya dari pukul 08.00 WIB. Sabtu-Minggu jalan terus," katanya.

Kegiatan Sorlip akan berlangsung di dua tempat. Untuk surat suara DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Pilpres, akan berlangsung di Gedung SGS Hardjuno. Sedangkan surat suara DPRD Kota Cimahi dilaksanakan di Gedung LKMD.

Baca Lainnya