Senin, 23 Oktober 2017 15:11

Sipol Bisa Lacak Nama Pengurus Parpol atau Bukan

Reporter : Jumadi Kusuma
Ai Wildani Sri Aidah, Komisioner KPU KBB
Ai Wildani Sri Aidah, Komisioner KPU KBB [limawaktu]

Limawaktu.id - Diterapkannya sistem infomasi partai politik (sipol) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk pendaftaran secara online database pengurus dan anggota partai politik yang bertujuan agar Pemilu 2019 lebih efektif, efisien dan sistematis terlepas dari ketidaksiapan beberapa partai terhadap penggunaan teknologi informasi tersebut.

Terkait sipol tersebut Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) didampingi Divisi Hukum, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU KBB, Ai Wildani Sri Aidah mengatakan "Data sipol ternyata sangat membantu penelusuran rekam jejak calon panitia adhok (PPK dan PPS, red.), karena dapat mendeteksi independensi calon panitia adhok.

“Sipol juga menampilkan nama-nama pengurus dan anggota parpol, " katanya Senin (23/10).

Dikatakannya, data sipol tersebut dapat menjadi pembanding dengan informasi intelejen Polres Cimahi dan Kodim 0609 Kabupaten Bandung yang bekerja sama dengan KPU KBB dalam upaya menetapkan panitia adhok yang berintegritas dan independen.

Sejak tanggal 12 Oktober lalu hingga 11 November 2017, KPU KBB tengah dan akan melaksanakan open rekrutmen panitia adhok dan saat ini memasuki tahapan wawancara dan klarifikasi masyarakat terhadap para calon panitia pengawas kecamatan (PPK) sebanyak 160 orang yang terseleksi dari 264 orang pendaftar.

"Dari 160 orang tersebut akan ditetapkan 80 orang PPK terpilih, dan direncanakan dilantik 30 Oktober 2017 dilanjutkan bimbingan teknis (bimtek) hingga 31 Oktober 2017", jelasnya. (jk)*