Kamis, 5 Juli 2018 14:21

Sidang Pleno Terbuka KPU KBB : Bangku Kosong Hingga Laptop 'Nge-hang'

Reporter : Fery Bangkit 
Sidang Pleno Terbuka KPU KBB.
Sidang Pleno Terbuka KPU KBB. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Insiden kecil sempat terjadi saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemungutan Suara Pilgub Jabar dan Pilbup Bandung Barat di Hotel Mason Pine, Kamis (5/7/2018).

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu, komputer yang terhubung ke infkous mati mendadak, selain itu, laptop pun ikut-ikutan 'nge-hang' mendana'. Penghitungan pun dihentikan sementara.

Berdasarkan pantauan, awalnya proses rekapitulasi perhitungan suara berjalan dengan lancar. Tim yang membuka kotak suara langsung membacakan hasil pemungutan di setiap PPK, dan oleh panitia langsung dituliskan di laptop yang tersambung ke layar lebar lewat infocus. Tapi aat membacakan jumlah pemilih di PPK Gunung Halu tiba-tiba infokus mati.

Ketua KPU KBB, Iing Nurdin yang memimpin Sidang pun langsung meminta maaf dengan adanya kesalahan teknis tersebut.

"Sambil menunggu laptopnya menyala kembali, silakan jika ada para saksi yang akan melihat langsung proses perhitungan," katanya lewat pengeras suara.

Namun kebanyakan para saksi malah keluar ruangan, dan karena waktu memasuki azan dzuhur. Keluarnya para saksi pun menabha sepi ruangan sidang. Pasalnya, sejak awal persidangan, kebanyakan kursi yang disediakan KPU KBB kebanyakan kosong.

Iing pun langsung melakukan pending sidang pleno, dan memberikan kesempatan untuk para saksi dan undangan lainnya untuk melaksanakan salat zuhur, istirahat dan makan siang.

"Mohon maaf Bapak/Ibu sekalin berhubung ada gangguan sedikit, dan sudah masuk duhur. Jadi kegiatan ini kita lanjut ke Ishoma, nanti setelah itu lanjut kembali ke rekapitulasi," ujarnya.

Setelah itu semua perangkat sidang pleno pun meninggalkan ruangan dan hingga kini sidang pleno masih dipending.

Baca Lainnya