Jumat, 13 Juli 2018 17:57

Sibuk Ngurus Persyaratan, Kantor KPU Kota Cimahi Masih Sepi Pendaftar Bacaleg

Reporter : Fery Bangkit 
Pemilihan Legislatif 2019.
Pemilihan Legislatif 2019. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Genap 10 hari pendaftaran dibuka, belum ada satu partai politik (parpol) pun yang mendaftarkan kadernya sebagai Bakal Calon Legislatif (bacaleg) di Kota Cimahi.

Pendaftaran bakal calon wakil rakyat itu dibuka sejak 4 April dan akan berakhir pada 17 April 2018 pukul 24.00 WIB. Namun hingga Jum'at (13/7/2018) siang, belum ada satupun calon wakil rakyat yang melakukan pendaftaran ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (kpu) Kota Cimahi, di Jalan Pesantren.

Baca Juga : Hari Pertama Pendaftaran Bacaleg di Cimahi Sepi

Komisioner KPU Kota Cimahi, Sri Suasti mengatakan, kemungkinan masih banyak persyaratan yang belum terpenuhi. Sehingga, para Caleg ini sekarang masih melengkapi sejumlah persyratannya.

"Untuk persyaratan si sebenernya tidak ribet. Asal mau mengurusnya jauh hari. Agar pas hari H nya gak repot bolak balik," kata Sri, Jumat (13/7/2018).

Baca Juga : Perindo Cimahi Target Sapu Bersih Dapil Pileg DPRD Cimahi

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), dia menyebutkan sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi para Bacaleg saat pendaftaran.

Dokumen syarat pencalonan harus berasal dari pengurus partai politik, dan sudah ditandatangani oleh ketua dan sekertaris partai politik, sesusai dengan tingkatan. Kemudian, formulir model B1 untuk daftar bakal calon per Daerah Perwakilan (Dapil).

Baca Juga : Peran Lebih Wakil Rakyat Perempuan Cimahi Dimata Kesbangpol

"B1 ini misalnya, kalau ada keterwakilan perempuan, juga harus ditandatangani sama ketua dan sekretarisnya. Yang pasti disertai dengan cap basah sebagai legalitas," terangnya.

Sementara untuk model B2, lanjut dia, berisi tentang surat pernyataan bahwa proses seleksi calon dilaksanakan dengan secara demokratis, dan terbuka.

Baca Juga : H+5, Daftar Bacaleg di KPU Cimahi dan KBB Masih Kosong

"Itu juga sama harus ada tandatangan ketua dan sekertaris partai politik sesuai tingkatan," ucapnya.

Syarat lainnya yang dinilai masih menjadi kendala bagi masing-masing partai, sepertinya ada pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Baca Juga : 20 Parpol Berebut 45 Kursi DPRD Kota Cimahi

Menurutnya dia, sejauh ini seluruh hampir seluruh partai politik dimanapun termasuk di Kota Cimahi, sedang mempersiapkan data atau berkas para Caleg untuk di input ke dalam Silon.

"Jadi kalau sudah masuk di Silon, bukan hanya KPU RI saja yang bisa mengetahui tapi, masyarakat juga bisa tahu siapa saja caleg yang sudah terdaftar," ungkapnya.

Belum adanya pendaftar yang masuk tersebut, KPU menegaskan kepada seluruh partai untuk membantu proses pendaftaran para calonnya, agar tidak numpuk di waktu hari H.

"Kalau numpuk di akhir khawatir tidak ketampung. Kita kan belum menerima keputusan apakah ada pendaftaran susulan bagi yang telat atau tidak. Makanya, jangan telat," tukasnya.

Baca Lainnya