Senin, 16 Oktober 2017 21:00

Sah, Bukti Keanggotaan Golkar Diterima KPU Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Pengurus DPD Partai Golkar Kota Cimahi menyerahkan berkas keanggotaan ke KPU.
Pengurus DPD Partai Golkar Kota Cimahi menyerahkan berkas keanggotaan ke KPU. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Berkas bukti keanggotaan DPD II Partai Golkar Kota Cimahi dinyatakan lengkap oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi. Partai berlambang pohon beringin itu menyerahkan 2.141 bukti keanggotaan untuk Pemilu 2019. 

Ketua DPD II Golkar Kota Cimahi, Ali Hasan, mengatakan, jumlah yang didaftarkan ke KPU Cimahi tersebut sudah sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sippol).

"Jumah itu sama dengan yang sudah didaftarkan DPP ke KPU RI," kata Ali saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren, Senin (16/10/2017).

Menurutnya, Kendati sistem pendaftaran verifikasi salinan keanggotaan yang terbilang rumit, namun bagi pihaknya hal itu dianggap baik karena, dengan sistem seperti ini kepastian data akan akurat.

"Kita jadi lebih teliti dalam memasukan data keanggotaannya," ucapnya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya telah melakukan pendataan secara maksimal agar tidak terjadi kesalahan data yang di daftarkan. Sementara itu, meski ada sedikit kesulitan dalam mensinkronkan nama dalam Kartu Tanda Anggota (KTA) dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun hal itu bisa diselesaikan.

"Kesalahan pada nama di KTA dan KTP ada, contohnya, di KTA namanya tidak lengkap, tapi di KTP nya lengkap. Nah itu yang membuat kita harus melakukan cek ulang untuk diperbaiki. Makanya kita baru sekarang menyerahkan ke KPU setelah semuanya selesai," ungkapnya.

Hingga pukul 17.00 WIB, tercatat baru partai Perindo, PSI, NasDem, Gerindra, PDIP, Demokrat dan Golkar yang dinyatakan lengkap oleh KPU Kota Cimahu.

Ketua KPU Cimahi, Handi Dananjaya menyebutkan , KPU RI membolehkan berkas keanggotaan partai politik untuk kepesertaan Pemilu 2019 cukup memenuhi minimal jumlah anggota 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk.

Pada hari terakhir penyerahan berkas keanggotaan parpol KPU RI mengeluarkan Surat Edaran No. 580/2017.

"Memperbolehkan KPU menerima berkas keanggotaan parpol asal masih dalam koridor jumlah minimal keanggotaan terpenuhi meski jumlah tidak sesuai sipol. Namun, fisik kartu tanda anggota (KTA) dan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) harus terpenuhi," ungkapnya.

Sesuai Keputusan KPU RI No 165 Tahun 2017 tentang Jumlah Kabupaten Kota dan Kecamatan serta Jumlah Penduduk setiap Kabupaten Kota setiap Provinsi, Parpol di Kota Cimahi minimal harus menyerahkan 532 KTA dan KTP-el atau Suket kepada KPU.

"Jadi minimal jumlahnya 532. Kalaupun lebih ya tetap dihitung dulu semua KTA-nya," katanya. (kit)