Kamis, 2 Mei 2019 15:34

Rekap Suara Pemilu di Cimahi Belum Usai, Ketua KPU 'Ngeluh' Kebanyakan TPS

Reporter : Fery Bangkit 
Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara Di PPK Cimahi Utara, Di GSG Hardjuno, Jalan Encep Kartawiria
Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara Di PPK Cimahi Utara, Di GSG Hardjuno, Jalan Encep Kartawiria [ferybangkit]

Limawaktu.id - rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Cimahi tersendat. Pleno pun tingkat kota pun kemungkinan baru akan dilaksanakan 6 Mei mendatang.

Ketua KPU Kota Cimahi Mochamad Irman, mengungkapkan, dalam penghitungan suara tingkat PPK, ada sejumlah kendala saat proses rekapitulasi sehingga pelaksanaan rapat pleno terbuka tingkat Kota Cimahi sedikit terhambat. Seperti banyaknya TPS di setiap kelurahan.

Baca Juga : Ini Tiga Persoalan Fundamental Kota Cimahi Saat Ini  

"Kondisi di lapangan saat penghitungan suara tidak bisa diprediksi terkadang suka ada masalah seperti saat pembacaan hasil, ada perbedaan antara saksi dengan pengawas," ujarnya, Kamis (2/5/2019).

Selain itu, kata Irman, karakter masyarakat Kota Cimahi khususnya saksi dan pengawas saat melakukan rekapitulasi, karakternya cukup kritis dan teliti, sehingga apabila ada kesalahan mereka langsung melakukan evaluasi.

Baca Juga : Santunan Bagi KPPS 'Gugur' di Kota Cimahi Belum Cair, ini Sebabnya!

"Apabila ada kesalahan atau perbedaan mereka membuka lagi C1 pleno supaya semuanya terbuka, tidak salah paham seperti adanya dugaan pengurangan atau penambahan suara," ucap Irman.

Irman mengatakan, penghitungan suara di tiga PPK tersebut akan selesai pada 4 Mei 2019 mendatang. Namun apabila tidak selesai pihaknya akan meminta petunjuk ke KPU Provinsi Jawa Barat maupun KPU RI. 

Baca Juga : Animo Masyarakat Cimahi Coblos Kertas dan Celup Tinta pada Pemilu 2019 Lampaui Ekspektasi

Sedangkan untuk pelaksanaan rapat pleno terbuka tingkat kota, pihaknya akan melakukan persiapan pada 5 Mei dan untuk pelaksanaannya akan digekar pada 6 Mei 2019 mendatang.

"PPK Utara besok menggelar pleno karena penghitungan sudah selesai 100 persen, untuk PPK tengah hari ini diusahakan selesai dan PPK Selatan masih proses," kata Irman.

Irman menyebut, meski Kota Cimahi hanya memiliki tiga kecamatan dengan total 1.572 TPS, tetapi setiap kelurahannya memiliki cukup banyak TPS terutama untuk Kelurahan Melong dan Kelurahan Cibeureum.

"Melong jumlah TPS-nya 179 dan Cibeureum 173," tandasnya.

Baca Lainnya