Kamis, 16 November 2017 23:08

Ratusan Data Keanggotaan Parpol Bermasalah

Reporter : Fery Bangkit 
KPU Kota Cimahi menyerahkan hasil penelitian administrasi kepada Parpol
KPU Kota Cimahi menyerahkan hasil penelitian administrasi kepada Parpol [limawaktu]

Limawaktu.id, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menemukan 801 masalah dalam bukti keanggotaan 13 Partai Politik (Parpol) di Kota Cimahi.

Temuan tersebut berdasarkan hasil penelitian dokumen administrasi berkas keanggotaan dan klarifikasi faktual ke lapangan yang dilaksanakan sejak 16 Oktober hingga 14 November.

Koordinator Divisi Hukum KPU Kota Cimahi, Sri Suasti menjelaskan, selama masa penelitian administrasi, pihaknya menemukan masalah seperti KTP burem, nama-namanya tidak sesuai, keanggotaan ganda dan sebagainya.

"Ini semua sudah kami sampaikan dalam hasil penelitian yang hari ini kita berikan kepada kawan kawan Parpol," ujarnya, saat ditemui disela-sela penyerahan hasil penelitian administrasi kepada Parpol, Kamis (16/11/2017) di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren.

Dari hasil penemuan tersebut, maka KPU memberikan waktu selama 14 hari, dari 8 November hingga 1 Desember 2017 kepada Parpol untuk melakukan proses perbaikan. Dan pihak parpol harus memperbaikinya sesuai jumlah kekurangan yang ada.

"Umpamanya hasil kekurangan administrasi ada 50, berarti hanya 50 saja yang diperbaiki. Setelah beres diserahkan kepada kami lagi. Dan gak boleh ada tambahan, angkanya harus tetap seperti pada penyerahan yang pertama," jelasnya. (kit)