Rabu, 24 April 2019 12:53

Ramdan Tumbang Setelah Bertugas Siang Malam di TPS Cipageran

Reporter : Fery Bangkit 
Ramdan masih terbaring di ruang rawat inap nomor 313 Gedung C Lantai 3.
Ramdan masih terbaring di ruang rawat inap nomor 313 Gedung C Lantai 3. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Ramdan Suryanata (28), Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Cimahi terpaksa harus mendapatkan perawatan di RSUD Cibabat sejak Minggu (21/4/2019). 

Warga Pondok Baru, Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi itu mengalami kelelahan usai bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 83 Cipageran pada Pemilu 2019, 17 April lalu.

Baca Juga : Rekom Sudah, Kapan PSU Pilpres di TPS 114 Padasuka Cimahi Dilaksanakan?

Saat ditemui di RSUD Cibabat, Jalan Amir Mahmud, Rabu (24/4/2019), Ramdan masih terbaring di ruang rawat inap nomor 313 Gedung C Lantai 3. Kondisinya sudah membaik setelah mendapatkan perawatan selama tiga hari.

 Ramdan masih terbaring di ruang rawat inap nomor 313 Gedung C Lantai 3.

"Alhamdulillah sudah membaik. Kata dokter hari ini udah boleh pulang," ucapnya.

Baca Juga : Hingga Pagi Tadi, Jokowi-Ma'ruf Amin Masih Keok di Cimahi

Ramdan menuturkan, proses pemungutan dan penghitungan suara yang memakan waktu lama membuat kondisi kesehatannya menurun. Apalagi tugas sebagai Anggota KPPS itu dimulai sebelum pelaksanaan pencoblosan, dengan menyiapkan logistik.

"Apalagi waktu itu kotak suaranya telat datang. Terus penghitungan itu kita beres sampai Kamis (18/4). Iya tenaga saya terkuras," ujarnya.

Baca Juga : Apakah KPU Cimahi Sudah Patuhi PKPU 3/2019 Pasal 61?

Kemudian, kondisi kesehatannya mulai menurun dihari berikutnya. Klimaksnya, Minggu (21/4) malam tiba-tiba ia mengalami sesak nafas, hingga akhirnya tidak sadarkan diri. "Nafas saya kaya gak ada, tiba-tiba pingsan dan gak sadar apa-apa," kata Ramdan.

RSUD Cibabat tempat dimana Ramdan mendapat perawatan.

Kemudian, pihak keluarga langsung membawanya ke RSUD Cibabat. Saat itu, ia langsung dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk pertolongan pertama.

Menurutnya, tugas Anggota KPPS pada Pemilu serentak ini sangat berat dan melelahkan. Sebab, ada lima jenis pemilihan yang harus dikerjakan, yakni Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

"Kalau saya baru pertama ikut KPPS," tandasnya.

Baca Lainnya