Sabtu, 11 Mei 2019 18:19

Puji Kirana Larasati, Iwan Setiawan Pedagang Kelontongan yang Melenggang ke Kursi DPRD

Reporter : Fery Bangkit 

Limawaktu.id - 17 April 2019 menjadi hari yang istimewa bagi Iwan Setiawan, seorang pedagang kelontongan yang juga Ketua RW 12 Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Betapa tidak, saat Pemilihan Anggota Legislatif lalu. Dia disebut-sebut sebagai salah satu yang bakal duduk di kursi anggota DPRD Kota Cimahi masa bakti 2019-2024.              

Saat Pileg tersebut, kejutan besar terjadi di Daerah Pilihan (Dapil) 6 Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Kota Cimahi. Dimana Calon Legislatif (Caleg) petahana kalah perolehan suara oleh Caleg pendatang baru.

Baca Juga : Caleg PPP di Cimahi Ketiban Apes OTT Romi dan Isu Agama di Pilpres 2019

Amrullah yang notabenya merupakan Anggota DPRD Kota Cimahi periode 2014-2019 dan maju kembali pada Pileg tahun itu hanya memperoleh 1.168 suara. Caleg nomor urut 01 itu kalah perolehan suara dari Iwan Setiawan, Caleg nomor urut 02 yang memperoleh 1.203 suara.

Keduanya maju lewat PDI Perjuangan di Dapil 6 yang meliputi Kelurahan Padasuka, Setiamanah dan Cimahi. Kemungkinan, Iwan akan menyisihkan Amrullah untuk menjadi Anggota DPRD Cimahi periode 2019-2024 jika melihat dari raihan suara.

Baca Juga : Jatah Kursi Ketua DPRD Cimahi Kemungkinan Lepas, ini Dalih Ajay

Pada Pileg serentak tahun ini, PDI Perjuangan diprediksi hanya akan mendapatkan 6 kursi di DPRD Cimahi, atau berkurang satu kursi dari Pileg sebelumnya.

Kepada Limawaktu.id, Iwan Setiawan mengaku seperti mimpi bisa mengalahkan raihan suara Caleg petahana, yang notabenya sudah berinteraksi dengan masyarakat selama lima tahun menjabat sebagai wakil rakyat Kota Cimahi.

Baca Juga : Kekuatan Doa Kunci Yulianawati Tukang Kantin yang Sukses Nyaleg

"Kiatnya saya hanya berusaha sebaik mungkin memanfaatkan peluang yang ada. Merasa mimpi sebetulnya bisa mengalahkan petahana karena mereka sudah berkampanye selama 5 tahun," ujar Iwan .

Iwan mengatakan, salah satu kunci keberhasilan untuk meraih simpati masyarakat hingga meraih suara terbanyak di Dapil 6 internal PDI Perjuangan adalah peran dari Kirana Larasati Hanafiah. Caleg DPR RI dari kalangan artis itu diakui Iwan memiliki peran besar atas keberhasilannya.

Kirana Larasati sendiri kemungkinan gagal melenggang ke senayan, mengingat raihan suaranya masih jauh dibawah Caleg petahana PDIP, yakni Junico BP Siahaan. "Kunci keberhasilan saya tidak lepas dari tandem RI saya, teteh Kirana Larasati Hanafiah. Walau kecewa karena teteh (Kirana) harus gagal karena di Dapil Jabar 1," ujar Iwan.

Iwan juga mengapresiasi seluruh jajaran pengurus PDI Perjuangan dari mulai ranting, PAC hingga DPC serta pemenangannya yang telah membantunya selama masa kampanye Pileg 2019. Selain itu, tentunya kepada masyarakat di Dapil 6 yang telah memberikan suara kepada dirinya.

"Pemenangan di Dapil 6 untuk meraih kursi, tidak lepas dari peran serta semua Caleg yang bergerak untuk mempertahankan tradisi PDIP meraih kursi," pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer