Kamis, 31 Mei 2018 14:50

Polri-TNI Sinergi Jaga Ketat Proses Pelipatan Surat Suara Pilgub Jabar 2018 di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Proses Pelipatan Surat Suara Pilgub Jabar 2018 di Cimahi.
Proses Pelipatan Surat Suara Pilgub Jabar 2018 di Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sejumlah personel Polres Cimahi dan Kodim 0609/Kabupaten Bandung Bandung dilibatkan untuk mengamankan pelipatan dan penyortiran surat Suara Pilgub Jawa Barat 2018 di Kota Cimahi.

Sri Suasti, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi mengatakan, pihaknya meminta bantuan anggota polisi dan TNI untuk mengamankan proses pelipatan hingga penyortiran surat suara tersebut.

"Jumlah polisi 10, TNI 6 (enam) personel)," terang Sri ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (31/5/2018).

Pengamanan kepolisian dan TNi dilakukan sejak awal masuknya petugas pelipatan. Dimana satu per satu petugas pelipat surat suara dilakukan pemeriksaan terhadap keseluruhan badan.

"Begitu selesai juga dilakukan pemeriksaan (body checking) kepada semua petugas pelipatan," tegas Sri.

Pelipatan surat suara Pilgub Jawa Barat di Kota Cimahi sendiri baru dimulai Kamis (31/5/2018). Tercatat ada 44 petugas yang melakukan pelipatan. Petugas direkrut dari warga lokal.

Total ada 374.587 eksemplar surat suara yang dikemas dalam 188 kardus. Jumlah tersebut disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah jumlah surat suara cadangan. DPT Kota Cimahi mencapai 364.980 pemilih.

Berdasarkan pantauan hingga pulul 11.00 WIB, belum ditemukan surat suara yang rusak atau cacat. "Tapi ada 1 (satu) surat suara kita temukan buram," terang Sri.

Dikatakannya, KPU Kota Cimahi menargtekan pelipatan surat suara akan selesai dalam waktu tiga hari. "Paling lambat hari Minggu beres," katanya.

Dijelaskan Sri, setelah dilipat, surata suara Pilgub Jawa Barat itu akan diikat langsung. Jumlanya 25 surat suara per ikat. Sebab sampul surat suara belum ada, maka hasil Lipat dan sortir surat suara itu akan dimasukan ke dalam kantung plastik.

"Akan kita plastikin dulu supaya keamanan lebih bagus. Langsung disimpan ke dalam gudang lagi," tandasnya.

Dalam Pilgub, ada empat kandidat yang bertarung. Yakni Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu), Tubagus Hasanudin-Anton (Hasanah), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) serta Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (DM4Jabar).

Baca Lainnya