Selasa, 16 April 2019 11:29

Polisi Poso Fokus Amankan 29 TPS Rawan Gangguan Keamanan

Reporter : Bubun Munawar
Sosialisasi tata cara pencoblosan surat suara kepada warga desa Maliwuko, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. (14/4)
Sosialisasi tata cara pencoblosan surat suara kepada warga desa Maliwuko, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. (14/4) [VOA]

Limawaktu.id - Polres Poso Sulawesi Tengah melakukan antisipasi kerawanan keamanan saat pelaksanaan Pemilu serentak 2019 17 April 2019.

Kepala Kepolisian Resort Poso AKBP Bogiek Sugiyarto kepada VOA di Poso (15/4/2019) mengatakan terdapat 29 TPS yang dikategorikan rawan gangguan keamanan termasuk di antaranya oleh aksi terorisme. TPS yang dikategorikan rawan itu tersebar di sejumlah kecamatan namun ia enggan menjelaskan lebih detail lokasi TPS tersebut.

Baca Juga : Alhamdulillah, Ratusan Napi di Sukamiskin dan Kebonwaru Bisa Nyoblos Presiden

“Kami memberikan perhatian khusus terhadap 29 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dikategorikan rawan oleh gangguan keamanan dalam pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019,” jelasnya.

29 TPS yang dianggap rawan tersebut tersebarlah di beberapa wilayah. Ada di beberapa tempat tidak di satu kecamatan. Tentunya pengamanannya akan berbeda antara TPS kurang rawan, Rawan dan komposisi personilnya juga berbeda.

Baca Juga : Ridwan Kamil:Kualitas Hidup Anda Ditentukan dengan Datang ke TPS

Pemilu Serentak di Poso dilakukan dalam suasana operasi Tinombala 2019. Operasi gabungan TNI POLRI itu digelar untuk mencari dan menangkap kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur atau MIT pimpinan Ali Kalora. Operasi penegakan hukum yang digelar sejak tahun 2016 itu difokuskan ke hutan pegunungan sekitar perkebunan dan pemukiman penduduk di 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan, Lore Utara dan Lore Timur. Berdasarkan data KPU Poso di wilayah itu terdapat 49 desa dengan 219 TPS.

 Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Poso, Budiman Maliki berharap pelaksanaan pemungutan suara akan berlangsung dengan aman dan lancar khususnya di TPS yang saat ini berada di desa-desa yang masuk dalam wilayah pelaksanaan operasi Tinombala di Poso.

“Kami menargetkan tingkat partisipasi Pemilih dalam pemilu 2019 di Poso setidaknya dapat mencapai 80 persen,” katanya. 

Baca Lainnya