Sabtu, 7 Juli 2018 13:45

Peran Lebih Wakil Rakyat Perempuan Cimahi Dimata Kesbangpol

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi legislatif perempuan.
Ilustrasi legislatif perempuan. [Net]

Limawaktu.id,- Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cimahi, Totong Solehudin menyebutkan, keterwakilan perempuan dalam tubuh DPRD Kota Cimahi memiliki peran penting dalam kemajuan pembangunan kota.

Pasalnya, kata dia, anggota dewan perempuan bisa mewakili rakyat, khususnya kaum perempuan dalam menyuarakan aspirasinya. Terlebih lagi, antar perempuan biasanya bisa lebih saling memahami.

Baca Juga : Hari Pertama Pendaftaran Bacaleg di Cimahi Sepi

"Karena (perempuan) bukan hanya sekedar emansipasi, tetapi berbicara kebijakan publik tentang perempuan itu ya perempuan," kata Totong, Sabtu (7/7/2018).

Beberapa bulan lagi, akan dilaksanakan Pemilihan legislatif (Pileg) untuk memilih wakil rakyat. Sekaligus untuk memilih Presiden tahun 2019-2024.

Baca Juga : Perindo Cimahi Target Sapu Bersih Dapil Pileg DPRD Cimahi

Untuk saat ini, keterwakilan perempuan di DPRD Kota Cimahi mencapai 31% atau 14 orang, dari total 45 kursi dewan. Jumlah tersebut sudah melebihi dari aturan minimal 30% keterwakilan peremuan.

Untuk Pileg tahun 2019 nanti, Totong berharap kaum perempuan di Kota Cimahi lebih banyak lagi mengisi kursi di dewan Kota Cimahi. Sebab, kata dia, perempuan Cimahi memiliki kapasitas yang layak.

"Perempuan sangat layak duduk di legislatif," ucapnya.

Baca Lainnya