Jumat, 20 Oktober 2017 17:18

Penyandang Disabilitas Optimis jadi Anggota PPK Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Suasana tes tertulis calon PPK Kota Cimahi di SMKN 1 Cimahi, Jln. Mahar Mahar Martanegara, Jum'at (20/10/2017)
Suasana tes tertulis calon PPK Kota Cimahi di SMKN 1 Cimahi, Jln. Mahar Mahar Martanegara, Jum'at (20/10/2017) [limawaktu]

Limawaktu.id, - Saniman Nugraha (35), salah seorang penyandang disabilitas optimis lolos menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Cimahi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat tahun 2018.

Pria tuna netra tersebut yakin, meski berkebutuhan khusus ia dan rekan lainnya sesama penyandang disabilitas bisa bersaing dengan peserta lain.

"Kita tidak minder karena keterbatasan. Fisik bukan halangan. Semangat sama, keinginan sama dan kita optimis ikut bersaing," ujar Saniman saat ditemui usai mengikuti tes tertulis calon PPK Kota Cimahi di SMKN 1 Cimahi, Jln. Mahar Mahar Martanegara, Jum'at (20/10/2017).

Saat mengerjakan soal tes tertulis, ia dipandu oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi. Anggota KPU bertugas membacakan soal, sementara Saniman hanya tinggal menjawab secara lisan.

"Kebetulan kita tidak ada persiapan, karena tidak ada bahan. Gampang-gampang susah kalau menurut saya soalnya," tutur Saniman.

Anwas (38), penyandang disabilitas lainnya menuturkan, ia baru pertama kali menjadi peserta calon PPK di Kota Cimahi. Dikatakannya, untuk mengikuti tes tulis ini, tak ada persiapan khusus yang dilakukannya.

"Pengetahuan tentang yang ada di KPU kurang begitu menguasai. InsyaAlloh optimis bisa lolos," ucapnya.

Septian, Ketua Pokja Seleksi PPK KPU Kota Cimahi mengatakan, ada 43 peserta dari tiga kecamatan yang mengikuti tes tertulis PPK, empat di antaranya merupakan penyandang disabilitas.

"Hasil tes tertulis akan kita periksa paling lambat sampai besok, 21 Oktober. Tanggal 22 kita umumkan hasilnya," terangnya.

Kemungkinan, kata dia, dari 43 peserta ini akan dikerucutkan lagi menjadi 30 orang. 30 orang tersebut akan mengikuti tes wawancara pada 23-25 Oktober 2017.

"26-27 kita akan pleno penetapan calon PPK. Akan dikerucutkan lagi menjadi 15 besar. Setelah ditetapkan, kita akan umumkan 28 Oktober," ujar Septian. (kit)*