Selasa, 24 April 2018 18:02

Pengamat Politik Bicara Peluang Tiga Paslon di Pilbup Bandung Barat 2018

Reporter : Fery Bangkit 
Pengamat Politik Unjani, Arlan Sidha.
Pengamat Politik Unjani, Arlan Sidha. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Pengamat politik Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi, Arlan Sidha menilai, Pasangan Calon (paslon) Elin Suharliah-Maman S Sunjaya (Emas) masih memiliki peluang untuk memenangkan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Bandung Barat 2018.

Hanya saja, Paslon nomor urut 1 yang diusung PDI Perjuangan, PKB dan PPP itu butuh kerja keras untuk meyakinkan warga Bandung Barat. Pasalnya, kasus yang menjerat suami Elin, yakni Abubakar jelas berdampak pada eskalasi politik di Bandung Barat.

Baca Juga : Partai Perindo KBB Tetap Solid Dukung Emas

"Tidak hanya Emas, semua pasangan lain memiliki kans yang sama untuk menang perhelatan demokrasi elektoral seperti ini," kata Arlan saat ditemui di Kampus Unjani, Selasa (24/4/2018).

Menurutnya, Paslon Emas harus bisa meyakinkan masyarakat, terutama loyalis Emas bahwa pemberantasan korupsi menjadi agenda pertama yang akan dituntaskan di Bandung Barat.

Baca Juga : Perindo dan PPP Optimis Paslon Emas Tetap Unggul di Pilbup KBB 2018

"Meskipun dirasa sulit, tapi itu salah satu cara agar pemilih tidak berpindah pilihan," tutur Arlan.

Ia melanjutkan, kasus dugaan suap yang menimpa Abubakar bisa saja dijadikan isu oleh Paslon nomor urut 2 Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati (Kado) maupun Paslon Nomor urut 3 Aa Umbara-Hengky Kurniawan (Akur).

Baca Juga : Jalan Berliku Paslon Emas Menuju Hari Pencoblosan 27 Juni 2018

Maka isu yang mungkin dimunculkan ialah soal komitmen melawan korupsi. Namun, itu tergantung kecakapan Paslon dan Tim Pemenangannya mengatur strategi.

"Isu tersebut mudah sekali membuat pemilih menjadi beralih ke pilihan lain," ujarnya.

Baca Lainnya