Rabu, 13 September 2017 18:35

Pemkot Baru Mau Bangun Masjid Setelah 16 Tahun Berdiri

Reporter : Fery Bangkit 
Peletakan batu pertama Mesjid di area Pemkot Cimahi oleh Sudiarto
Peletakan batu pertama Mesjid di area Pemkot Cimahi oleh Sudiarto [limawaktu doc]

Cimahi - Setelah 16 tahun berdiri, akhrinya Pemerintah Kota Cimahi akan memiliki masjid sendiri. Sebagai tanda dimulainya pembangunan, Wakil Wali Kota Cimahi, Sudiarto melakukan peletakan batu di lokasi pembandungan masjid di Area Perkantoran Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa (12/9/2017).

Sudiarto mengatakan, pembangunan masjid di Kawasan Pemkot Cimahi ini sebagai wujud kebersamaan. Ia meyakini, keberadaan masjid memiliki peranan yang sangat strategis sekaligus sentral dalam pembentukan sumber daya manusia umat yang berkualitas dan shaleh.

"Saya yakin, terlaksananya pembangunan masjid ini sebagai wujud semangat bersama yang merupakan manifestasi dari iman dan taqwa kita kepada Allah swt," ujarnya saat ditemui usai acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Area Perkantoran Pemkot, Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa (12/9/2107).

Jika sesuai sekenario, tahun 2017 ini pembangunan masjid tahap pertama akan menelan biaya sekitar Rp2.909.768.000 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi, sesuai nilai kontrak dengan perusahaan pemenang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cimahi, Ahmad Nuryana mengatakan, ditargetkan pembangunan selesai pada 25 September 2017, dengan estimasi 105 hari kerja. "Kemungkinan tahap pertama baru selesai hingga 55 persen, dari total keseluruhan target kontruksi," kata dia. Sedangkan pembangunan tahap kedua, akan dimulai tahun 2018 dengan pagu anggaran mencapai Rp 3 miliar dari APBD Kota Cimahi tahun 2018. "Diharapkan, selesai tahun 2018," ucap Ahmad.

Berdasarkan denah, Masjid Perkantoran Pemkot Cimahi akan memiliki tiga lantai. Pertama ada lantai dasar dengan luas 212 meter persegi. "Di lantai dasar itu ada managemen, kantor DKM, tempat wudhu, toilet dan lain-lain," terang Ahmad.

Selanjutnya, lantai kedua akan memiliki kapasitas 350 jemaah, dengan luas 400 meter persegi. Lantai ketiga memiliki luas 252 meter dengan kapasitas 225 jemaah.(kit)

Baca Lainnya