Selasa, 28 November 2017 17:31

Pelanggaran Kode Etik, Administrasi & Pidana Pemilihan Ditangani Panwas

Pemantau pemilihan harus terdaftar di KPU Provinsi, maupun Kabupatrn & Kota.
Pemantau pemilihan harus terdaftar di KPU Provinsi, maupun Kabupatrn & Kota. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Kordiv Penindakan Pelanggaran Panwaslu kabupaten Bandung,  Januar Solehudin mengatakan, penindakan yang dilakukan Panwas bisa berupa temuan, penerimaan laporan, pengumpulan alat bukti, klarifikasi, pengkajian atau pemberian rekomendasi, serta penerusan hasil kajian atas laporan kepada instansi yang berwenang untuk ditindaklanjuti.


"Sedangkan jenis pelanggaran yang bisa ditangani oleh Panwas adalah pelanggaran kode etik, pelanggaran administrasi dan pelanggaran pidana pemilihan," ucap Januar.

Baca Juga : Panwaslu Kab. Bandung Ingatkan KPU agar Selektif Rekrutmen Verifikator


Mereka yang dapat menyampaikan laporan dugaan pelanggaran adalah WNI, pemantau pemilihan atau peserta pemilihan. Pemantau pemilihan harus terdaftar di kpu Provinsi maupun Kabupaten/Kota. 


Pada kegiatan yang diikuti oleh 100 orang peserta, yang terdiri dari unsur perwakilan parpol, Panwascam dan lima komunitas motor di Kab Bandung, juga dilakukan penandatanganan MoU untuk pengawasan paritisipatif dalam pengawasan Pilgub dan Pileg dan Pilpres.


"Pelibatan komunitas motor itu menjadi yang pertama dilakukan di Jabar. Tapi, yang lebih penting bagi kami adalah mereka bisa benar-benar bekerjasama secara efektif pada waktunya," tuturnya. (lie)*

Baca Lainnya

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Siiiip

28 November 2017 11:21 Balas

Topik Populer

Berita Populer