Senin, 26 Februari 2018 16:14

PBB Tidak Lolos, 1000 Pengacara Akan Gugat KPU RI

Reporter : Jumadi Kusuma
Partai Bulan Bintang.
Partai Bulan Bintang. [Net]

Limawaktu.id,- Tidak lolosnya Partai Bulan Bintang (PBB) besutan Yusril Ihza Mahendra menjadi partai politik peserta Pemilu 2019 berbuntut panjang, setelah gagal melakukan mediasi, PBB menghimpun kekuatan dengan membentuk aliansi 1000 pengacara untuk menggugat KPU RI, demikian siaran pers yang diterima limawaktu.id.

Inisiator penggugat Sammy Yusuf Lehengko menduga adanya pihak-pihak yang mengintervensi KPU RI dalam mengambil keputusan. Termasuk, menentukan lolos atau tidaknya sebuah partai politik mengikuti Pemilu 2019.

"Kami bersama pengacara yang tergabung dalam Aliansi Pengacara Indonesia Menggugat melalui jalur hukum akan mengungkap adanya intervensi dan tekanan terhadap KPU dari pihak siapapun sekalipun dari yang berkehendak untuk berkuasa kembali", tandas Sammy.

Diketahui saat ini, PBB yang merasa dirugikan pihak KPU RI dan telah melakukan pelaporan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Karenanya, bersama aliansi 1000 pengacara pihaknya akan melayangkan gugatan ke KPU RI diantaranya, meminta KPU untuk bekerja berdasarkan UU dan Peraturan KPU, dan KPU harus independen dan tidak dintervensi oleh pihak manapun.

"Kami akan mendampingi dan menggugat bersama-sama kepada KPU terhadap kerugian yang digugatkan oleh pihak PBB", pungkasnya.