Senin, 22 Januari 2018 20:24

Pasangan Ikke-Uben Gugur di Pilbup Bandung Barat

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat 2018, Ikke Dewi Sartika-Uben Yunara dinyatakan gagal melangkah ke tahapan selanjutnya.

Pasangan yang berangkat lewat jalur independen atau perseorangan itu tidak berhasil memenuhi syarat jumlah dukungan yang harus diserahkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB, Iing Nurdin menyebutkan, hingga batas akhir penyerahan berkas kelengkapan dukungan KTP elektronik kedua pasangan itu tidak berhasil memenuhi kuota yang ditetapkan.

"Sampai waktu terakhir untuk menyerahkan berkas dukungan yakni pada Sabtu 20 Januari 2018 mereka hanya mampu menyerahkan 67.913 KTP. Itu artinya jauh dari persyaratan yang ditetapkan oleh KPU," terang Iing, Senin (22/1/2018).

Dia menjelaskan, saat mendaftar ke KPU pasangan ini membawa 76.409 dukungan. Setelah dilakukan verifikasi ke lapangan yang memenuhi persyaratan hanya 18.284 dukungan.

"Mengacu kepada persyaratan minimum bagi paslon perseorangan maka ada kekurangan sebanyak 56.125 dukungan yang harus mereka penuhi" jelas Iing.

Menurutnya, sesuai dengan yang ada dalam Peraturan KPU, kekurangan jumlah dukungan itu perbaikannya harus disampaikan dua kali lipat. Artinya, bakal pasangan calon Ikke-Ubed harus memenuhi 116.250 dukungan.

"Nah dari jumlah itu mereka hanya mampu menyerahkan 67.913 KTP, sehingga mengacu kepada rapat pleno KPU KBB mereka dinyatakan gagal," tandasnya.

Sementara itu Uben Yunara mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Bandung Barat yang telah mendukungnya bersama Ikke Dewi Sartika. Namun keputusan telah diambil oleh KPU KBB yang menetapkan pasangannya tidak bisa ikut dalam konstalasi pilkada.

"Kami menerima keputusan ini dan berterima kasih kepada semua relawan baik relawan calon bupati, relawan ikat dan relawan kujang sakti leksa buana yang ada di 165 desa," tuturnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Panwaslu yang telah mendampingi dan banyak membantu. Yang jelas dirinya bersama Ikke telah melakukan upaya semaksimal mungkin.

"Setelah keputusan ini saya akan balik lagi menjadi pengusaha kembali," pungkasnya.