Selasa, 20 Maret 2018 20:38

Pasangan Asyik Bahas Citarum Saat Kampanye di Bandung Barat

Reporter : Fery Bangkit 
Paslon nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik). Saat melakukan kampanye di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (20/3/2018).
Paslon nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik). Saat melakukan kampanye di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (20/3/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Permasalahan aliran sungai Citarum masih menjadi topik menarik untuk dijual para pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.

Termasuk paslon nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik). Saat melakukan kampanye di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (20/3/2018), Ahmad Syaikhu menyatakan komitmennya untuk terus mengawal program pelestarian lingkungan, termasuk Citarum Harum.

"Kami berkomitmen melanjutkan Citarum Harum Bestari melalui tiga langkah strategis. Yakni struktural, non struktural dan kultural," kata Syaikhu saat ditemui di bantaran Sungai Citarum di Kampung Rongga, Kecamatan, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (20/3/2018).

Syaikhu menjelaskan, langkah struktural ialah seperti pembuatan tanggul sungai secara optimal, normalisasi aliran sungai dengan mengurangi sedimentasi dan pembuatan drainase di sepanjang jalan yang dilalui sungai Citarum.

Untuk langkah non struktural, jelasnya, mencakup pembuatan sumur resapan, pembuatan treatmen oleh perusahaan limbah, law  enfrocement terhadap pembuang limbah ke Citarum. Sedangkan secara kultural ialah dengan budaya membuang sampah pada tempatnya, river front city (menjadikan sungai sebagai muka permukiman dan MCK komunal).

"Melalui tiga langkah strategis itu kami yakin program Citarum Harum bisa berkesinambungan," tandas Syaikhu.

Baca Lainnya