Selasa, 31 Oktober 2017 14:58

Partisipasi Warga Tolok Ukur Kualitas Demokrasi

Politik KPU Kabupaten Bandung Barat
Ketua KPU KBB, Iing Nurdin.
Ketua KPU KBB, Iing Nurdin. [Limawaktu]

Limawaktu.id, - Partisipasi warga adalah salah satu tolok ukur kualitas demokrasi, keikutsertaan warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 meningkat. Hal itu terlihat dari antusiasme warga yang mendaftar sebagai calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang membludak dibandingkan dengan Pilkada sebelumnya.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB, Iing Nurdin belum lama ini, selepas acara Pelantikan Anggota PPK di Hotel Grand Hani Lembang. "Alhamdulillah, KPU KBB sudah punya PPK yang akan membantu dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta tahapan Pemilu Nasional juga mereka akan dilibatkan," ujar Iing.

Terkait partisipasi warga sebagai anggota PPK, Iing menjelaskan, 80 anggota PPK dari 16 Kecamatan di KBB adalah hasil seleksi dari 260 orang calon. Ada peningkatan partisipasi warga untuk menjadi penyelenggara yang menunjukkan berkembangnya demokrasi secara keseluruhan. Indikatornya dari sisi pendaftar dibandingkan dulu agak sulit.

"Peningkatan tersebut tidak terlepas dari proses rekrutmen yang sangat terbuka dan gencarnya sosialisasi mulai dari media sosial, penyebaran pengumuman di kantor-kantor Kecamatan sampai ke Desa-Desa, dan juga di media massa," pungkasnya. (jk)*

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Semoga

31 Oktober 2017 10:29 Balas