Senin, 22 Oktober 2018 10:09

Minim Sosialisasi, Dimana Peran KPU Kota Cimahi?

Reporter : Fery Bangkit 
Komisioner KPU Kota Cimahi Masa Bakti 2018-2023
Komisioner KPU Kota Cimahi Masa Bakti 2018-2023 [Istimewa]

Limawaktu.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi dinilai pasif dalam sosialisasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Imbasnya, gema pesta demokrasi 2019 itu di Kota Cimahi hingga saat ini belum terasa. Keberadaan KPU sebagai penyelenggara pun dipertanyakan.

Baca Juga : Jawab Ribuan Pemilih Ganda, KPU Kota Cimahi Siap Rekap Ulang DPT

"Memang saya belum melihat ada gerakan dari KPU Cimahi untuk menyosialisasikan Pileg dan Pilpres 2019 nanti. Saya kira mereka harus mulai melakukan segala sosialisasi terhadap masyarakat, jangan sampai masyarakat ini buta soal politik tahun 2019 nanti," ujar Pengamat Politik dan Pemerintahan Unjani Cimahi, Arlan Sidha saat dihubungi via sambungan telepon, Minggu (20/10/2018).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan pergerakan dan tugas KPU sebagai pelaksana pemilu belum terasa. Pergantian komisioner dan pimpinan di tubuh KPU merupakan salah satu faktornya. Saat ini KPU Kota Cimahi dihuni oleh sejumlah nama baru, dan hanya menyisakan satu orang komisioner petahana dari struktur organisasi KPU Cimahi sebelumnya.

Baca Juga : Naik Drastis Dibanding Pemilu 2014, Segini Besaran Batasan Sumbangan Dana Kampanye Pemilu 2019

"Saya juga melihat kalau orang-orang baru di tubub KPU jadi penyebab lambatnya pergerakan KPU melakukan kegiatan. Tapi mereka harus cepat beradaptasi karena sampai pemilihan itu tidak lama lagi, banyak yang harus dikerjakan dan disiapkan," ungkapnya.

Dirinya mengatakan komisioner KPU yang baru seharusnya bisa memanfaatkan peran dari media massa untuk melakukan langkah awal sosialisasi pileg dan pilpres.

Baca Juga : Sah! Ini Lima Nama Komisioner KPU Kota Cimahi Masa Bakti 2018-2023

"Peran media massa dalam hal ini wartawan mesti dimanfaatkan. Terutama divisi sosialisasi mesti dekat dengan media, mampu jadi jembatan. Bukan hanya Ketua KPU saja yang bisa berstatment pada media, tapi semua mesti bisa," jelasnya.

Dia berharap KPU Kota Cimahi, meskipun diisi nama dan wajah baru, bisa menyelenggarakan pemilu yang sukses dan tanpa ada masalah serius.

"Tentunya masyarakat memiliki peran untuk membantu tugas dan peran dari KPU. Banyak daerah di Cimahi yang jarang terjamah, KPU dan masyarakatnya mesti saling proaktif," tegasnya.

Baca Lainnya