Rabu, 18 Juli 2018 12:38

Minim Kader, Dua Parpol di Cimahi Absen Daftarkan Balaceg 2019

Reporter : Fery Bangkit 
Partai Garuda Kota Cimahi Tengah Menyerahkan Berkas Pendaftaran Bacaleg 2019 di KPU Kota Cimahi, Jln. Pesantren, Selasa (17/7/2018) malam.
Partai Garuda Kota Cimahi Tengah Menyerahkan Berkas Pendaftaran Bacaleg 2019 di KPU Kota Cimahi, Jln. Pesantren, Selasa (17/7/2018) malam. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Dua partai Politik (Parpol) di Kota Cimahi dipastikan tidak mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Pasalnya, hingga pendaftaran Bacaleg ditutup pada Selasa (17/7/2018) pukul 24.00 WIB, kedua Parpol, yakni PKPI dan Partai Berkarya tak kunjung datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi.

Baca Juga : H-1 Jelang Penutupan, Belasan Partai di Cimahi Belum Daftarkam Bacalegnya

Berdasarkan catatan KPU Kota Cimahi, hanya 14 Parpol yang mendaftarkan para kadernya untuk bakal calon wakil rakyat Cimahi periode 2019-2024.

Ke-14 Parpol tersebut adalah Partai Golkar, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, Partai Perindo, PKB, PDIP, PAN, PSI, PBB, PPP, Partai Hanura, Partai Garuda dan Partai Gerindra.

Baca Juga : Eks Wakil Wali Kota Cimahi Bicara Soal Mahar Kampanye Pileg 2019

Berdasarkan pantauan di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jln Pesantren, hingga pukul 00.40 WIB, masih ada tiga Parpol yang masih mengurus penyerahan dokumen administrasi para Bacaleg. Ketiga Parpol itu adalah Partai Gerindra, Partai Hanura dan Partai Garuda.

Sebelumnya, KPU Kota Cimahi menegaskan jika hingga tanggal 17 Juli pukul 24.00 WIB tidak mengisi daftar hadir, maka Parpol tidak akan diterima untuk pendaftaran Bacalegnya.

Baca Juga : Datang Pukul 24.00 WIB Lebih Sedetik, Pendafataran Bacaleg akan Ditolak

Koordinator Divisi Teknis KPU Kota Cimahi, Dadan Fadila Rivai mengatakan, secara keseluruhan, pihaknya menerima semua berkas pendaftaran Bacaleg dari ke-14 Parpol. Meskipun diakuinya ada berbagai permasalahan saat proses pemeriksaan berkas.

"Mereka ada yang masih pake aplikasi manual, akhirnya datanya dimasukan ulang lagi. Terus berkas Bacaleg ada yang tertinggal," jelas Dadan saat ditemui disela-sela pemeriksaan berkas Partai Garuda.

Baca Juga : Perindo Targetkan Duduki 15 Kursi di DPRD Kota Cimahi

Untuk dua Parpol yang tidak mendaftarkan Bacalegnya, lanjut Dadan, khusus Partai Berkarya, memang pada saat proses pendaftaran Parpol Pemilu 2019 itu tidak memenuhi syarat untuk lolos Pemilu untuk di Cimahi.

Sementara PKPI, beber Dadan, belum diketahui pasti apa penyebab mereka tidak mendaftarkan Bacalegnya. Tapi, kata dia, berdasarkan konsultasi pihak partai sebelumnya, PKPI kesulitan mencari kader.

"Mereka (PKPI) konsultasi, kesulitan mencari Bacaleg," terang Dadan.

Jadi, tegas dia, hingga ditutupnya pendaftaran Bacaleg 2019 di Kota Cimahi, hanya 14 Parpol yang mendaftarkan baka calon wakil rakyatnya di Kota Cimahi.

Baca Lainnya