Selasa, 30 Januari 2018 19:15

Mengintip Hasil Verifikasi Ulang Parpol Lama di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya mencocokan KTP elektronik dan KTA Ketua DPD Partai Golkar Kota Cimahi Ali Hasan saat Verifikasi Faktual.
Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya mencocokan KTP elektronik dan KTA Ketua DPD Partai Golkar Kota Cimahi Ali Hasan saat Verifikasi Faktual. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi melakukan verifikasi ulang empat partai politik (parpol) hasil pemilu 2014 pada Selasa (30/1/2018).

Keempat parpol yang diverifikasi hari ini ialah Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Dananjaya menyatakan, empat parpol yang diverifikasi hari ini sepertinya memenuhi syarat. Termasuk syarat keanggotaan 30% perempuan.

"Tidak banyak kendala. Kelihatannya berpotensi memenuhi syarat," ujar Handi saat ditemui di Sekretariat DPD Partai Golkar Kota Cimahi, Jalan Kamarung, Selasa (30/1/2018).

Sesuai aturan, dalam verifikasi ulang parpol lama, setiap partai harus menghadirkan minimal 5%, dari total keanggotaan yang terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU RI. Selain itu, dalam verifikasi ini, Ketua, Sekretaris dan Bendahara diwajibkan hadir.

"Keanggotaan dibuktikan dengann ktp dan kta," kata Handi.

Verifikasi ulang parpol lama akan berlangsung hingga 1 Februari. Besok dan lusa, giliran Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra, PDI Peruangan, Partai Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Pengumuman hasilnya akan dilakukan 2 Februari ," ucapnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Cimahi, Ali Hasan menilai, verifikasi parpol lama ini cukup bagus. Apalagi dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sangat mendukung. Kalau gak mendukung saya gak dari pagi ada di sini," ujar Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat itu.

Dikatakanya, partai beringin Kota Cimahi sudah menyiapkan jauh-jauh hari untuk verifikasi faktual ini. Termasuk 30% keanggotan perempuan dalam partai.

"Yang saya hadirkan hari ini 140 anggota," terangnya.

Baca Lainnya