Senin, 25 Maret 2019 15:34

Masih Kurang, KPU KBB Targetkan Logistik Pemilu 2019 Terdistribusikan Awal April  

Reporter : Fery Bangkit 
Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019
Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 [ferybangkit]

Limawaktu.id - Distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal dilaksanakan awal April mendatang untuk tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Ya, awal April direncanakan mulai distribusi logistik dari KPU ke PPK," kata Ketua Komisi Pemilian Umum (KPU) KBB, Adie Saputro saat dihubungi via sambungan telepon, Senin (25/3/2019).

Baca Juga : Koalisi Jokowi Maupun Prabowo Belum Laporkan STTP Kampanye Terbuka di KBB, Padahal......

Saat ini, KPU KBB masih fokus melakukan setting logistik yang sudah ada seperti surat suara, tinta, dan bilik suara. Berbagai logistik tengah dalam perapihan untuk dikirim ke PPK.

"Sekarang masih proses setting sambil nunggu kekurangan," ujarnya.

Baca Juga : Bawaslu Kecewa Sebab Peserta Pemilu Acuh STTP Kampanye Akbar

KPU KBB sendiri saat ini masih menunggu kekurangan logistik dari KPU RI. Sebab, logistik Pemilu 2019 belum seluruhnya diterima. Padahal, waktu pelaksanaan Pemilu yakni 17 April mendatang hanya menyisakan sebulan kurang.

Adie mengungkapkan, logistik yang belum diterima seluruhnya adalah kotak dan bilik suara. Untuk kotak suara, masih kekurangan 548 buah, sedangkan bilik suara masih kurang 248 buah.

Baca Juga : Menonjol Konflik, DPD RI Dinilai Kurang Berfungsi 

"Kekurangan kotak suara masih menunggu distribusi. Untuk kotak suara kurang 500 lebih, bilik suara kurang 200 lebih," ungkap Adie.

Sebelumnya, KPU KBB baru menerima sebanyak 25.100 kotak suara dan 20.104 bilik suara. Logistik itu untuk memenuhi 5.088 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 16 kecamatan se-Bandung Barat. 

Selain kotak dan bilik suara, KPU KBB juga belum menerima utuh semua jenis formulir untuk kebutuhan Pemilu nanti. "Untuk formulir juga masih kami tunggu. Yang baru datang ke kami itu C1, C1 plano dan DCT," ucapnya.

Menurut informasi, lanjut Adie, kekurangan logistik untuk kebutuhan Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD KBB akan dikirim dalam waktu dekat ini. Sebab, pihaknya tetap menargetkan bahwa keseluruhan logistik bisa secepat mungkin didistribusikan ke PPK.

"Informasinya dalam bulan ini dikirim," tuturnya.

Sementara untuk surat suara, kata Adie, seluruhnya sudah diterima. Bahkan sudah dilakukan sortir lipat. Totalnya mencapai 6.074.443 lembar surat suara untuk lima jenis pemilihan. Namun, ada kerusakan surat suara yang mencapai 20 ribu lembar lebih.

"Kita ajukan untuk penggantian kerusakan surat suara itu. Paling kalau udah datang, sehari juga beres disortir lipat," tandasnya.

Baca Lainnya