Sabtu, 21 April 2018 14:56

Lewat Cerita Longser, KPU Kota Cimahi Sosialisasikan Pilkada 2018 Hingga Pemilu 2019

Reporter : Fery Bangkit 
Seputar informasi Pilkada Jawa Barat 2018 dan Pemilu 2019 dikemas dalam sebuah pertunjukan cerita budaya sunda yang dinamakan 'Longser'.
Seputar informasi Pilkada Jawa Barat 2018 dan Pemilu 2019 dikemas dalam sebuah pertunjukan cerita budaya sunda yang dinamakan 'Longser'. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menggelar sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Jawa Barat 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kp. Adat Cireundeu, Kel. Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Sabtu (21/4/2018).

Hadir dalam sosialisasi tersebut Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya serta perwakilan seluruh partai yang ada di Kota Cimahi.

Baca Juga : Ketum SMSI Berkomunikasi dengan Menkominfo tentang Mitigasi Hoax Pilkada 2018

Hal unik dimunculkan KPU Kota Cimahi dalam sosialisasi kali ini. Seputar informasi Pilkada Jawa Barat 2018 dan Pemilu 2019 dikemas dalam sebuah pertunjukan cerita budaya sunda yang dinamakan 'longser'.

Untuk Pilkada Jawa Barat 2018, akan dilaksanakan 27 Juni serentak di 171 daerah di Indonesia. Khusus di Jawa Barat, ada empat paslon yang akan bertarung menuju Jawa Barat satu dan dua.

Baca Juga : 12 Parpol Lama akan Diverifikasi Ulang KPU Kota Cimahi

Paslon nomor urut 1 ialah Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), paslon nomor urut 2 ialah Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah), paslon nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) serta paslon nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM).

Sementara untuk Pemilu 2019, ada 20 Partai Politik (Parpol) yang akan memperebutkan suara rakyat.

Baca Juga : Calon Kepala Daerah yang Terpilih harus jadi Negarawan 

Berikut Parpol pada 2019 yang ditulis sesuai nomor urut partai. PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Partai Perindo, PPP, PSI, PAN, Partai Hanura, Partai Demokrat, PBB dan PKPI.

Selain memilih Parpol, pada 2019 juga akan berlangsung Pemilihan Presiden (pilpres) dan Pemilihan Legislatif (pileg).

Baca Juga : Jika Anggaran Pemilu Tidak Terdistribusi dengan baik, Penyelenggara Jangan Putus Asa

Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya mengatakan, agenda sosialisasi yang dibalut seni budaya ini merupakan momen untuk menyongsong satu tahun sebelum Pemilu 2019.

"Dari titik ini kita siap untuk menyelenggarakan Pemilu. Ini agenda nasional sosialisasi dengan pagelaran seni budaya," kata Handi saat ditemui disela-sela sosialisasi, Sabtu (21/4/2018).

Baca Juga : Calon Kepala Daerah Wajib Setia terhadap NKRI, UUD 1945 dan Pancasila

Dikatakannya, dengan sosialisasi Pemilu lewat seni budaya ini diharapkan menginspirasi semua Parpol untuk mengedepankan kampanye santun saat kampanye nanti.

"Harapan kami, kalau bisa proses kampanye nanti supaya betul-betul ada kesantunan," ujar Handi.

Di tempat yang sama, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengapresiasi penyelenggaraan sosialisasi Pilkada dan Pemilu dengan mengambil latar belakang kebudayaan di Cimahi.

Terlebih lagi, kata Ajay, acara KPU ini digelar di Kampung Adat Cireundeu, yang merupakan ikon budaya di Kota Cimahi.

"Saya mengapresiasi KPU yang sudah menyelenggarakan sosialisasi Pilkada dan Pilpres yang dikombinasikan dengan budaya," tuturnya.

Baca Lainnya