Senin, 5 Maret 2018 14:08

Lebih dari 300 Kepala Daerah Terjerat Korupsi, Akibat Politik Uang

Reporter : Jumadi Kusuma
Aksi Gerakan Anti Politik Uang Forum Demokrasi Gema 77/78 di Car Free Day Dago Kota Bandung.
Aksi Gerakan Anti Politik Uang Forum Demokrasi Gema 77/78 di Car Free Day Dago Kota Bandung. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Lebih dari tigaratus orang kepala daerah di Indonesia terjerat korupsi sebagai akibat dari politik uang dalam proses Pilkada, karenanya masyarakat harus bisa memilih pemimpin yang betul-betul bersih dan menolak politik uang dalam bentuk apapun, demikian pernyataan Ida Nuraida aktivis Forum Demokrasi Gerakan Mahasiswa (Gema) 77/78.

Ida yang ditemui limawaktu.id di RM. Riung Sari selepas acara aksi Gerakan Anti Politik Uang yang digelar di Car Free Day (CFD) didepan RS. Boromeus Dago Kota Bandung, Minggu (4/3/18).

Sebelum melakukan aksi tersebut, menurut Ida, Forum Demokrasi Gema 77/78 beberapa waktu lalu pernah diundang Dewan Pers bersama KPU RI, Polri dan Bawaslu RI dalam deklarasi menolak politik uang. Karenanya acara aksi di CFD Dago merupakan kelanjutan di lapangan.

"Sekarang banyak calon pada Pilkada Serentak disinyalir melakukan praktek politik uang, dengan cara bagi-bagi uang atau kerudung via pengajian, majelis taklim dan serangan fajar. Untuk mengganti uang tersebut darimana?", tandas Ida.

Karenanya Ida menghimbau kepada masayarakat Jabar khususnya Kota Bandung untuk menolak politik uang.

"Edukasi masyarakat sangat penting, mau nggak mau masyarakat harus belajar. Jangan sampai menerima uang misalkan Rp. 20 ribu atau Rp. 50 ribu. Masa bisa dibeli dengan uang sebesar itu. Kalau kedepannya bisa jadi amburadul dan tidak baik", jelasnya.

Lebih lanjut Ida menghimbau, selain mengajak masyarakat untuk menolak politik uang dalam bentuk apapun juga harus aktif melaporkan setiap temuan.

"Bila menemukan temuan dilapangan, tolong lah masyarakat melaporkan pelakunya siapa dan dalam bentuk apa. Selama ini kan, walaupun terjadi masyarakat merasa risih untuk melaporkannya", pungkasnya.

Baca Lainnya