Kamis, 5 September 2019 12:50

Lamanya Pembentukan Unsur Pimpinan Hambat Kerja DPRD KBB

Reporter : Fery Bangkit 
Pelantikan Dan Mengucap Sumpah Anggota DPRD KBB Periode 2019-2024
Pelantikan Dan Mengucap Sumpah Anggota DPRD KBB Periode 2019-2024 [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Sebanyak 50 Anggota DPRD Kabupaten Bandung barat (KBB) periode 2019-2024 sudah dilantik. Namun, mereka belum bisa bekerja sebab pimpinan definitif belum terbentuk. Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, lalu turunanya di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, unsur pimpinan definitif akan didapat PKS yang mendapat jatah 8 kursi, PDIP 7 kursi, Partai Gerindra 7 kursi dan Partai Golkar 5 kursi.

Pimpinan Sementara DPRD KBB, Bagja Setiawan mengatakan, dari empat partai politik yang mendapat jatah unsur pimpinan, baru dua saja yang sudah menyetorkan Surat Keputusan (SK) namanya. Yakni PKS dan Partai Gerindra.

"Tinggal nunggu SK PDIP dan Golkar. Mudah-mudahan maksimal Senin (9/9); SK untuk pimpinan definitif dari masing masing partai sudah masuk," katanya saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (5/9/2019). Rencananya, kata Bagja, Senin (9/9/2019) pihaknya akan melaksanakan rapat paripurna pengusulan unsur pimpinan DPRD KBB yang akan dikirimkan ke Gubernur Jawa Barat. Itupun jika SK dari keempat partai sudah terkumpul semua.

Setelah usulan hasil paripurna nanti diserahkan dan SK pelantikan pimpinan definitif periode 2018-2024 sudah didapat, maka pihaknya akan langsung melakasanakan penetapan unsur pimpinan. Targetnya, pelantikan itu bisa dilaksanakan 15 atau 16 September mendatang.

"Mudah-mudahan sesuai jadwal tanggal 15 atau 16 September sudah paripurna penetapan ketua definitif," ujar Bagja. Diakui Bagja, lambatnya penetapan unsur pimpinan definitif DPRD Kota Cimahi menghambat kerja legislatif di Bandung Barat yang memiliki jargon 'Bandung Barat Lumpat'. Apalagi saat ini menanti sejumlah pembahasan yang harus segera dituntaskan. Khususnya APBD Perubahan dan APBD 2020.

Ia mengklaim kerap berkoordinasi dengan partai politik agar segera mengirimkan SK penunjukan unsur pimpinan definifi. Bahkan, kata Bagja, sudah ada surat resmi dari Sekretariat DPRD KBB. "Betul (menghambat) makannya kita kerja sama dengan Pemda. Saya sebagai pimpinan sementara berusaha mempercepat segera mendefinitifkan pimpinan," pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPC PDIP KBB Ida Widaningsih mengakui pihaknya belum menerima SK nama yang ditunjuk menjadi pimpinan dari DPIP. Harapannya, SK dari DPP itu diterima tanggal 5 September (hari ini). "Masih menunggu mudah-mudahan sebelum tanggal 5 sudah turun," ucapnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer