Sabtu, 23 Desember 2017 20:56

KPU Kota Bandung Bantah Langgar Aturan Dalam Verifikasi Faktual DURIAT

Ditulis Oleh Jumadi Kusuma
Suharti, Komisioner KPU Kota Bandung  Divisi Teknis.
Suharti, Komisioner KPU Kota Bandung Divisi Teknis. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Tudingan bakal pasangan calon (Bapaslon) independen Walikota dan Wakil Walikota Bandung Donny Mulyana Kurnia (DMK) dan Yayat Rustandi (Yayat) atau DURIAT terhadap KPU Kota Bandung yang diduga melanggar aturan dalam proses verifikasi faktual, dibantah oleh Komisioner KPU Divisi Teknis, Suharti.

Menurutnya, KPU sudah sesuai dengan amanat Undang-undang no. 10 tahun 2016, dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) no. 3 tahun 2017 sebagaimana dirubah dengan PKPU no. 15 tahun 2017,"Tahapan verifikasi yang dilakukan KPU dibantu PPK, yaitu verfikasi administrasi sesuai ketentuan pasal 18-20 PKPU No.3 tahun2017".

Selanjutnya verifikasi faktual dilakukan berdasarkan hasil verifikasi administrasi berkas yang telah memenuhi syarat sesuai pasal 23 PKPU No. 3 tahun 2017 dan yang belum memenuhi syarat karena tidak bisa dinyatakan kebenaran atas data kependudukan sesuai pasal 19 ayat 2.

"Berdasarkan ketentuan tersebut diatas maka KPU, PPK dan PPS hanya melakukan verifikasi faktual yang sudah Memenuhi Syarat (MS) dan Belum Memenuhi Syarat (BMS) administrasi. Adapun yang sudah dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) administrasi tidak dapat dilakukan verifikasi faktual", terangnya saat dihubungi limawaktu.id, Sabtu (23/12/17). (jk)

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Eumm

24 Desember 2017 3:58 Balas