Selasa, 29 Mei 2018 21:07

KPU KBB Mulai Sortir Surat Suara Pilbup KBB dan Pilgub Jabar 2018

Reporter : Fery Bangkit 
Penyortiran surat suara Pilbup Bandung Barat dan Pilgub Jawa Barat 2018.
Penyortiran surat suara Pilbup Bandung Barat dan Pilgub Jawa Barat 2018. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat mulai melakukan penyortiran surat suara pilbup Bandung Barat dan pilgub Jawa Barat 2018.

Jumlah masing-masing surat suara untuk dua event serentak itu mencapai 1.190.969 kertas suara. Pada pelaksanaan penyortirannya, KPU KBB merekrut sejumlah warga yang terlebih dahulu diseleksi sesuai persyaratan salah satunya terkait netralitas.

Baca Juga : Dandim 0609 Ingatkan Anggotanya Netral dalam Pilkada 2018

"Mereka ini kami rekrut untuk proses penyortiran yang cukup lama," kata Ketua KPU KBB Iing Nurdin saat ditemui di Gor Futsal Baloper, Padalarang, Selasa (29/5/2018).

Iing menyebutkan kertas suara ini sudah tiba di gudang logistik KPU sejak Rabu (23/5/2018) berjumlah 1.190.969 lembar untuk Pilgub dan Pilpub. Selama proses penyortiran dan pemeriksaan kertas suara barangkali ada yang rusak para tenaga lipat dan sortir mendapat bantuan dari petugas Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) sebagai pengawas.

Baca Juga : Pilkada Langsung menuju Demokrasi yang Lebih Baik

"Kami targetkan dalam beberapa hari proses penyortiran ini insya Allah selesai. Sebab dalam sehari bisa 120 dus kertas suara yang disortir," sambungnya.

Koordinator KPU KBB Bidang Logistik, Patria Hidayat menambahkan, sebanyak 596 dus kertas suara untuk pilbup KBB dicetak di Kota Solo, sedangkan untuk kertas suara pilgub dicetak di Cikarang. Jika nantinyabada yang ditemukan kertas rusak atau cacat akan dihancurkan dan dikembalikan ke percetakan untuk diganti.

Baca Juga : Ketua Apdesi KBB Jamin Kades di Bandung Barat Netral Saat Pilbup KBB dan Pilgub Jabar 2018

"Sejauh ini belum ada temuan, kalau ada yang rusak kami langsung pisahkan," ucapnya.

Seperti diketahui pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Untuk calon Bupati dan Wakil Bupati KBB diikuti oleh tiga pasangan yakni Elin Suharliah-Maman S Sunjaya (Emas), Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati (Kado), dan Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan (Akur).

Sementara Pilgub Jabar diikuti oleh pasangan Ridwan Kamil-Uu Rhuzanul Ulum (Rindu), TB Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik), dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM4Jabar).

Baca Lainnya