Rabu, 7 Maret 2018 18:35

KPU Kabupaten Bandung Barat Larang Konvoi Saat Kampanye Pilbup 2018

Reporter : Fery Bangkit 
Iing Nurdin, Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat.
Iing Nurdin, Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Komisi Pemilihan Umum (kpu) Kabupaten Bandung Barat melarang para simpatisan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat 2018 melakukan pawai yang dilakukan dengan konvoi berjalan kaki dan/atau dengan kendaraan di jalan dalam melakukan kampanye.

Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan Peraturan KPU No 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pilkada.
Ketua KPU Kab Bandung Barat Iing Nurdin menjelaskan, larangan tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan dan kelancaan lalu lintas di Bandung Barat.

Baca Juga : Hadapi Pilbup KBB 2018, Polres Cimahi Maksimalkan Peran Bhabinkamtibmas

"Kami memohon kepada masyarakat, terutama pasangan calon dan tim kampnye untuk melaksanakan kampanye seusai dengan aturan yang ada. Terutama keselamatan di jalan daya dan berkonvoi dalam rangka kampanye di Kabupaten Bandung Barat," Imbuhnya di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Rabu (7/3/2018).

Masa kampanye terbuka dan tertutup para paslon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat sudah berlangsung sejak 15 Februari, dan akan berakhir pada 23 Juni 2018.

Baca Juga : Ketua dan Dua Anggota Panwaslu KBB Dapat Sanksi dari DKPP RI

Kampanye dibagi ke dalam tiga zonasi. Untuk zona satu meliputi wilayah Lembang, Cisarua, Parongpong, Ngamprah dan Padalarang. Zona dua meliputi wilayah Cihampelas, Batujajar, Cipatat, Cikalong Wetan, Cipeundeuy dan Saguling. Zona tiga itu Cililin, Sindangkerta, Gunung Halu, Cipongkor dan Rongga.

Dalam pelaksanannya, para pasangan calon akan bergiliran mengisi zona-zona tersebut selama masa kampanye. "Kami bagi 3 (tiga) zonasi supaya tidak bentrok," ucap Iing.

Baca Juga : Debat Publik Pilkada KBB Diharapkan Lahirkan Solusi Permasalahan KBB

Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung Barat, ada tiga pasangan calon yang akan memperebutkan posisi Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat periode 2018-2023.

Pasangan nomor urut pertama adalah Elin Suharliah-Maman S Sunjaya yang diusung PDIP, PKB dan PPP. Pasangan nomor urut dua Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati yang diusung Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Hanura. Pasangan nomor urut tiga Aa Umbara-Hengky Kurniawan yang diusung Partai NasDem, Partai Demokrat, PKS dan PAN.

Baca Lainnya