Kamis, 2 November 2017 14:50

KPU Cimahi Temukan Ratusan Data Anggota Parpol Ganda

Reporter : Fery Bangkit 
Komisioner KPU Kota Cimahi sedang  memberikan keterangan pers.
Komisioner KPU Kota Cimahi sedang memberikan keterangan pers. [istimewa]

Limawaktu.id, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menemukan, sekitar 450 keanggotaan partai politik yang dinyatakan ganda antar partai politik.

Divisi Hukum KPU Kota Cimahi Sri Suasti menyebutkan, jumlah tersebut merupakan hasil verifikasi yang disampaikan oleh KPU RI kepada KPU Kota Cimahi.

"Hasil identifikasi KPU RI, kegandaan antar partai politik di Cimahi mencapai 450," terangnya, saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren, Kamis (2/11/2017).

Namun, KPU Kota Cimahi belum bisa merinci partai mana saja yang data keaanggotaaanya lebih dari satu partai atau ganda.

Selain ganda antar partai politik, ada juga data anggotanya ganda di dalam partai (satu partai), serta ditemukan pula KTA dan KTP yang tidak terbaca.

Pada tahapan penerimaan berkas keanggotaan partai 3-17 Oktober lalu, KPU Kota Cimahi menerima 17 berkas dari 17 partai di Cimahi.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Peserta Pemilu, KPU kota/kabupaten diperkenankan melakukan penelitian administrasi terhadap hal kegandaan anggota partai politik. Penelitian administrasi partai politik akan berlangsung hingga 15 November 2017.

Dilanjutkan Sri, KPU Kota Cimahi ditugaskan oleh KPU RI untuk mengidentifikasi dan meneliti data-data yang dianggap ganda.

"Kita harus klarifikasi ke partai. Sekarang sedang berjalan di lapangan proses klarifikasinya," ujar Sri.

Setelah hasil penelitian usai, kata Sri, selanjutnya KPU Kota Cimahi akan menyampaikan hasilnya pada 16 atau 17 November 2017.

"Partai-partai yang bermasalah dengan data keanggotaan, akan diberikan waktu selama 14 hari untuk memperbaikinya" katanya.

Setelah data diperbaiki oleh partai politik, maka mereka harus menyerahkan kembali kepada KPU Kota Cimahi, untuk disesuaikan kembali dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sippol) KPU RI. (kit)*

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Heummmmmm udah biasa

2 November 2017 11:32 Balas