Selasa, 10 April 2018 14:38

KPU Cimahi Sosialisasikan Pilgub dengan Longser

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Ada yang berbeda dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi dalam melaksanakan sosialisasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Lembaga yang bertugas melaksanakan pemilihan umum ini melakukannya dengan kesenian khas Jawa Barat Longser sebagai media sosialisasi Pilgub kepada masyarakat di Kota Cimahi.

Hal itu terlihat saat dilaksanakannya tour De Longser di Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah, Selasa ini.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Karangmekar Bambang Suharjo menyebutkan, digelarnya kesenian longser di Kelurahan Karangmekar merupakan kegiatan KPU Kota Cimahi yang dilaksanakan di Kelurahan Karangmekar dan kelurahan lainnya di Kota Cimahi.

“Melalui longser, KPU Kota Cimahi mensosialisasikan Pilgub Jawa Barat dengan harapan bisa mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” katanya, usai kegiatan.

Sementara, warga Kelurahan Karangmekar Didi Aspani menilai, sosialisasi pemilu melalui longser ini menjadi wahana edukasi masyarakat sekaligus menghibur, sehingga sosialisasi tentang pilgub ini lebih mengena dimasyarakat.

“Bagus, dengan longer ini bisa mengedukasi masyarakat sekaligus menghibur,” ujarnya.

Sementara penulis naskah dan sutradara De Longser Dede Syarif menyebutkan, meskipun tidak utuh sepenuhnya seperti kesenian longer, pihaknya ikut mensosialisasikan proses pemilihan gubernur kepada masyarakat yang dilakukan di kelurahan-kelurahan se Kota Cimahi.

“Harapannya, dengan sosialisasi seperti ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih untuk datang ke TPS saat pelaksanaan hari pemungutan suara, sehingga kualitas pemimpin yang terpilih lebih bagus lagi,” pungkasnya.