Rabu, 4 Oktober 2017 13:59

KPU Cimahi Buka Pendaftaran Verifikasi Parpol Pemilu 2019

Reporter : Fery Bangkit 
Sri Suasti, Komisioner KPU Kota Cimahi
Sri Suasti, Komisioner KPU Kota Cimahi [limawaktu]

Limawaktu.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu tahun 2017 sejak 3 hingga 16 Oktober 2017.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu, KPU kabupaten/kota, termasuk di Kota Cimahi hanya berkah menerima salinan bukti keanggotaan Partai Politik (Parpol).

Komisioner KPU Kota Cimahi, Sri Suasti menjelaskan, keputusan KPU RI No 165 Tahun 2017 tentang Jumlah Kabupaten Kota dan Kecamatan serta Jumlah Penduduk setiap Kabupaten Kota setiap Provinsi, Parpol di Kota Cimahi minimal harus menyerahkan 532 KTA dan KTP-el atau Suket kepada KPU.

“Tahapan ada penerimaan berkas 3-16 Oktober. Prosesnya KPU menerima daftar nama dan anggota Parpol dan berkas foto copy KTA dan KTP,” jelasnya, saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren, Rabu (5/10/2017).

Dikatakannya, selama proses penerimaan salinan bukti keanggotaan, KPU Kota Cimahi akan menghitung jumlah daftar nama, dengan menghitung salinan KTA dan KTP yang jumlahnya disesuaikan dengan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) KPU RI.

“Manakala jumlah yang diserahkan tak sesuai, maka KPU mengembalikan ke pengurus untuk dilengkapi,” kata Sri.

KPU Kota Cimahi akan memberikan waktu kepada Parpol untuk menyerahkan berkasnya hingga 16 Oktober pukul 00.00 WIB.

“Kalau sekarang kita buka dari pukul 08.00-16.00 WIB. Kalau hari terakhir tanggal 16 Oktober kita tunggu hingga pukul 00.WIB,” terangnya.

Berdasarkan data KPU Kota Cimahi, ada 18 Parpol yang mungkin menyerahkan berkas keanggotaannya. Ke-18 Parpol tersebut ialah PKS, Golkar, PDIP, PPP, PKB, PAN, NasDem, Gerindra, Demokrat, Hanura, PKPI, PBB, Perindo, PSI, Garuda, Idaman, Pika dan Parsindo. (kit)*