Selasa, 12 Maret 2019 12:22

KPU Cianjur Temukan Tiga Ribu Kertas Suara Pemilu Rusak 

Reporter : Bubun Munawar
Petugas memperlihatkan surat suara yang rusak.
Petugas memperlihatkan surat suara yang rusak. [ant]

Limawaktu.id  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur  menemukan kekurangan hingga 27.205 lembar surat suara untuk Pilpres 2019. 3.370 lembar diantaranya dalam keadaan rusak. Hal ini diketahui mereka setelah mereka menyortir dan melipat kertas surat suara di sana.

Sekretaris KPU Cianjur, Endan Hamdani mengatakan, setelah empat hari  menyortir dan melipat kertas surat suara dengan melibatkan 500 orang tenaga pelipat, mereka menemukan kekurangan kirim surat suara sebanyak 23.835.

Baca Juga : APK Ilegal Giring eks 'Nidji' dan Peserta Pemilu 2019 Kepung Cimahi, Tau Aturan atau Tidak?

"Kekurangan terbesar dari pengiriman di setiap dus surat suara yang diterima banyak kekurangan yang jumlahnya mencapai puluhan ribu lembar. Sedangkan yang rusak setelah disortir hanya 3.000-an lembar," katanya.

Dikatakan Endan, pihaknya akan segera mengirimkan surat tertulis ke KPU RI untuk mengganti kertas surat suara yang rusak agar di sana tidak kekurangan surat suara, terkhusus untuk Pemilu Presiden.
Mereka merinci kerusakan yang ditemukan saat pelipatan dan penyortiran akibat sobek sebanyak 1.469, gambar tidak tercetak 226, warna kurang jelas 508, kotor 865 dan mengkerut sebanyak 302 lembar.

Baca Juga : Baru Tiga Hari Sortir Lipat, KBB Temukan 3 Ribu Surat Suara Pileg 2019 yang Rusak

Selanjutnya tambah dia, pihaknya akan melakukan penyortiran surat suara untuk pemilihan DPD, DPR, DPRD I dan DPRD II yang akan dilakukan secara bertahap melibatkan 2.000 tenaga pelipat yang merupakan warga Cianjur. (ant) 

Baca Lainnya