Jumat, 19 April 2019 15:34

Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi Pantau Logistik Pasca Pemungutan Suara di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Kunjungan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang memantau logistik pasca pemungutan surat suara 17 April, lalu.
Kunjungan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang memantau logistik pasca pemungutan surat suara 17 April, lalu. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Meski hanya 1.572 TPS dari 15 kelurahan kecamatan, proses Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Cimahi tetap menjadi perhatian TNI dan Polri.

Hal itu bisa dilihat dari kunjungan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Tri Soewandono yang memantau logistik pasca pemungutan surat suara 17 April, lalu.

Baca Juga : KPU Cimahi Dianggap 'Mentah' Selenggarakan Pemilu

Pemantauan dua jenderal TNI dan Polri itu dilakukan Jumat (19/4/2019), dengan mengecek keamanan logistik di Gedung Technopark Cimahi untuk PPK Cimahi Selatan, Gor Sangkuriang untuk PPK Cimahi Tengah dan GSG Hardjuno untuk PPK Cimahi Utara.

Saat ditemui di GSG Hardjuno, Jalan Encep Kartawiria, Irjen Pol Agung mengatakan, pengecekan dan pemantauan logistik setelah proses pemungutan suara ini dalam rangka untuk pengamanan dan kesiapan personel gabungan untuk memastikan bahwa proses Pemilu serentak ini berjalan aman dan lancar.

Baca Juga : Hak Suara Pemilu Pasein RSUD Cibabat 'Hilang', KPU Cimahi 'Ngeles' Begini

"Intinya mengecek keamanan anggota. Dari kemarin sudah ada disini. Pokoknya gedung harus dijaga dengan baik, kita menjaga hasil demokrasi," ungkap Agung saat ditemui di GSG Hardjuno, Jalan Encep Kartawiria, Jumat (19/4).

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan PPK, PPS, dan Panwascam, soal pelaksanaan rekapitulasi yang disepakati diundur. "Sudah dibicarakan juga, ada kendala teknis. Jadi mereka semua bersama KPU sepakat kalau penghitungan di PPK ditunda sampai besok," jelasnya.

Baca Juga : Bawaslu Cimahi Belum Terima laporan Pelanggaran Pemilu 2019

Sebelum pemungutan suara pun, tepatnya tanggal 16 April, malam, Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi juga melakukan pemantauan di Kota Cimahi.

Proses pemungutan suara Pemilu, baik Pilpres maupun Pileg di Kota Cimahi sendiri berjalan tak sesuai rencana. Sebab, selain persiapan yang melesat, ada sejumlah kekurangan logistik seperti surat suara. Hal itupun diakui Ketua KPU Kota Cimahi, Mochamad Irman.

"Kita kekurangan logistik seperti surat suara. Rencana kacau semua," ucap Irman.

Baca Lainnya