Kamis, 28 Desember 2017 19:04

Jelang Tahun Politik, Panwaslu Kota Cimahi Resmikan 'Pojok Pengawasan Partisipatif"

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Ketua Panwaslu Kota Cimahi Yus Sutaryadi bersama Ketua KPU Handy Dananjaya di peresmian Pojok Pengawasan Partisipatif, Jalan Sangkuriang Cimahi.
Ketua Panwaslu Kota Cimahi Yus Sutaryadi bersama Ketua KPU Handy Dananjaya di peresmian Pojok Pengawasan Partisipatif, Jalan Sangkuriang Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Jelang tahun politik 2018, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi meresmikan Pojok Pengawasan Partisipatif di Sekretariat Panwaslu Kota Cimahi, Jalan Sangkuriang Cimahi, Kamis (28/12/2017).

Peresmian Pojok Pengawasan Partisipatif ini dilakukan berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

Ketua Panwaslu Kota Cimahi, Yus Sutaryadi mengatakan, Pojok Pengawasan merupakan ruang yang dibangun untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memantau jalannya Pemilihan Umum (Pemilu).

"Dengan Pojok Pengawasan Partisipatif, kita merangkul masyarakat. Berdiskusi untuk mempelajari bagaimana penyelenggaraan Pemilu," ujarnya, usai peresmian.

Pojok Pengawasan Partisipatif berbentuk seperti stand yang berisi informasi pengawasan Pemilu. Siapapun masyarakat, diperbolehkan untuk datang, baik hanya sekedar mencari informasi, ataupun untuk memperdalam pengetahuan tentang Pemilu.

Dengan adanya Pojok Pengawasan Partisipatif, masyarakat semakin mudah mengakses informasi tentang kerja pengawasan. Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk turut serta di dalam memantau pelaksanaan pemilu maupun pilkada.

"Intinya, Panwas tidak hanya bekerja sendiri, tentunya melibatkan masyarakat. Karena Masyarakat sebagai pemilih dan pengawas juga," tutur Yus.

Yus menambahkan, pihaknya akan terus memperbarui informasi di ruang tersebut. Sehingga masyarakat bisa mengupdate informasi secara berkala. Baik mengenai penegakan pelanggaran yang bersifat administrasi, pidana, maupun sengketa.

Dalam peresmian tersebut, turut hadir Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi Handi Dananjaya, serta unsur Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Cimahi. (kit)

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Sae

28 Desember 2017 12:24 Balas