Sabtu, 8 September 2018 15:53

Jelang Pemilu 2019, Bawaslu Kota Cimahi Curhat Soal Jumlah Pengawas

Reporter : Fery Bangkit 
Illustrasi.
Illustrasi. [Fery Bangkit / Limawaktu]

Limawaktu.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cimahi, Jusapuandy menyebutkan, jumlah anggotanya saat ini belum ideal untuk menjangkau pengawasan di tiga kecamatan dengan 15 kelurahan.

Saat ini, Bawaslu Kota Cimahi memiliki 50 anggota. Jumlah itu diakui Jusapuandy akan menyulitkan dalam melakukan pengawasan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Ya memang kondisinya demikian. Peran kami di Bawaslu, sampai tingkat pengawas kecamatan memamg cukup sulit. Tapi kami juga mengandalkan peran dari masyarakat untuk membantu peran Bawaslu," katanya saat dihubungi, Sabtu (8/9/2018).

Dalam Pemilu 2019, Bawalsu akan disibukan untuk melakukan pengawasan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Khusus Pileg, ada sekitar 400 calon Anggota DPRD Kota Cimahi yang mesti diawasi Bawaslu.

Sementara itu, Pengamat Politik dan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Kota Cimahi, Arlan Sidha, meminta Bawaslu Kota Cimahi mengedepankan integritas menjelas Pemilu.

Menurutnya, potensi pelanggaran menjelang Pileg dan Pilpres 2019 nanti akan sangat beragam, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus dari Bawaslu selaku pengawas pelaksanaan Pemilu.

"Bawaslu harus bekerja ekstra keras mengawal pelaksanaan pileg dan pilpres nanti. Integritas mereka benar-benar dipertaruhkan, dalam kontestasi nanti," ujar Arlan.

Sangat terbuka kemungkinan ketika anggota Bawaslu di tingkat kecamatan bersinggungan langsung dengan Bacaleg dalam hal transaksi politik, namun Arlan menyangsikan hal tersebut.

"Tentu ada kemungkinan, tapi kita mesti meyakini kalau Bawaslu Kota Cimahi, ini bisa bekerja seindependen mungkin untuk mengawal pelaksanaan pesta demokrasi nanti," tuturnya.

Memiliki keuntungan jika luas Kota Cimahi yang tak terlalu besar, seharusnya bisa dimanfaatkan oleh anggota Bawaslu untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

"Berbeda dengan daerah lain, misalnya Kabupaten Bandung Barat atau Kabupaten Bandung, yang cakupannya luas. Seharusnya hasil kinerja Bawaslu Cimahi lebih baik dan efektif," tegasnya.

Baca Lainnya