Jumat, 10 Mei 2019 12:42

Jatah Kursi Ketua DPRD Cimahi Kemungkinan Lepas, ini Dalih Ajay

Reporter : Fery Bangkit 
Ketua DPC PDIP Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna
Ketua DPC PDIP Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna [ferybangkit]

Limawaktu.id - Ketua DPC PDIP Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna menilai, turunnya raihan kursi partai banteng itu di DPRD Kota Cimahi dikarenakan persaingan yang semakin ketat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Seperti diketahui, dari hasil Pileg tahun ini jatah kursi PDIP Kota Cimahi untuk DPRD periode 2019-2024 kemungkinan hanya enam. Jumlah itu berkurangn satu dari hasil Pileg 2014, dimana PDIP mengirimkan tujuh wakilnya ke parlemen periode 2014-2019. Termasuk mendapatkan jatah Ketua DPRD Cimahi.

Baca Juga : Caleg Petahana Masih Dominasi Raihan Suara Tertinggi di Kota Cimahi, Artis Kirana Larasati Berapa Suaranya?

"Iya turun (suaranya). Kita dapat 6 (enam) kursi. Ya, banyak faktor, (salah satunya) karena partai kontestan bertambah," kata Ajay, saat ditemui di Kelurahan Karangmekar, Jalan Lurah, Jumat (10/5/2019).

Tapi, kata dia, ada hal positif pada Pileg tahun ini. Dimana salah satu kader besutan Megawati Soekarnoputri itu berhasil meloloskan kader lokal Cimahi, yakni Ahmad Gunawan ke DPRD Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga : Data Lengkap Perolehan Suara Caleg DPRD Kota Cimahi

"Satu (kursi) ke provinsi," ucap Ajay, yang juga menjabat sebagai Wali Kota Cimahi.

Dikatakannya, pihaknya bakal segera melakukan evaluasi terkait hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak ini. Evaluasi dilakukan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada pesta demokrasi kali ini.

Baca Juga : Caleg PPP di Cimahi Ketiban Apes OTT Romi dan Isu Agama di Pilpres 2019

"Pasti kita sama-sama evaluasi. Kita mencoba memperbaiki diri supaya ke depan kemenangan bisa kita raih," pungkasnya.

Dari data form Model DB1-DPRD Kabupaten/Kota yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, ada enam Caleg yang memperoleh suara terbanyak dari PDIP Perjuangan di setiap Dapil di Kota Cimahi.

Keenam Caleg itu adalah Rus Rusnaya dari Daipl 1 dengan raihan 1.934 suara. Freddy Siagian Dapil 2 dengan raihan 828, Agung Yudaswara dari Dapil 3 dengan raihan 2.493 suara, Dadang Mulyana dari Dapil 4 dengan raihan 3.113 suara, Purwanto dari Dapil 5 dengan raihan 2.213 suara dan Iwan Setiawan dari Dapil 6 dengan raihan 1.230 suara.

Catatan:Nama-nama itu merupakan Caleg dengan raihan perolehan suara terbesar di setiap Dapil.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer