Rabu, 31 Januari 2018 13:09

Ini Batas Waktu Penyerahan SK Pengunduran Diri Tiga Pejabat di KBB

Reporter : Fery Bangkit 
Pilkada
pikada 2018 [Limawaktu]

Limawaktu.id - Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) 2018, ada tiga Bakal Calon (Balon) yang berasal dari kalangan pejabat negara. 

Balon pertama ialah Aa Umbara yang merupakan Ketua DPRD KBB. Ia akan berpasangan dengan pesinetron Hengky Kurniawan. Kemudian, ada Maman S Sunjaya, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjabat Sekretaris Daerah KBB. Ia berpasangan dengan Elin S Abubakar. Terakhir adalah Pupu Sari Rohayati, ASN yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan KBB. 

Jika dinyatakan lolos sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati, ketiganya otomatis harus mengundurkan diri sebagai pejabat negara. Hal itu tertera jelas dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi Kabupaten Bandung Barat (KBB) menegaskan, Surat Keputusan (SK) para pejabat negara harus diserahkan ke KPU 30 hari sebelum pencoblosan.

"Semua PNS, dewan, BUMN, termasuk penyelenggara negara ditunggu paling telat 30 hari sebelum hari pemungutan suara," tegas Koordinator Divisi Teknis KPU KBB, Adie Saputro saat dihubungi via telepon, Rabu (31/1/2018).

Pemungutan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, termasuk di KBB akan dilaksanakan 27 Juni 2018. 

Menurut informasi, kata Adie, SK pengunduran diri ketiga pejabat negara di KBB itu saat ini tengah dalam proses. 

"Tinggal pengunduran diri. (Persyaratan lain) sudah clear semua," tandasnya.