Senin, 26 November 2018 15:45

Ingin Tahu Ukuran dan Lokasi Pemasangan APK, Cek di Sini!

Reporter : Fery Bangkit 
Banyak APK Untuk Pilpres Maupun Pileg 2019 Terpasang Di Sembarang Tempat, Seperti Di Pohon, Tiang Listrik.
Banyak APK Untuk Pilpres Maupun Pileg 2019 Terpasang Di Sembarang Tempat, Seperti Di Pohon, Tiang Listrik. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badan Pengawas Umum (Bawaslu) serta Partai Politik (Parpol) di Kota Cimahi menyepakati perubahan ketentuan ukuran dan lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

Ukuran APK terbaru yang disepakati untuk baliho ialah maksimal 3 x 4 meter untuk setiap Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden dan untuk setiap Parpol peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Baca Juga : Medsos Rentan Ujaran Kebencian, Fungsi Tim Cybercrime akan Ditingkatkan

Sedangkan untuk spanduk telah ditentukan dengan ukuran maksimal 1 meter x 5 meter untuk setiap paslon Presiden dan Wakil Presiden, setiap Parpol peserta pemilu 2019 dan setiap calon anggota DPR.

Komisioner Bawaslu Kota Cimahi Yana Maulana menuturkan, kesepakatan dan ketentuan dibentuk agar pemasangan APK di Kota Cimahi lebih tertata dan tidak merusak keindahan di Kota Cimahi.

Baca Juga : 920 Personel Siap Amankan Pemilu 2019

"Ketentuan sudah ada dan telah disepakati, maka nanti peserta pemilu 2019 harus taat aturan," tuturnya saat ditemui di Kantor Bawaslu Kota Cimahi, Jalan Sangkuriang, Kota Cimahi, Kamis (25/10/2018).

Adapun ketentuan lokasi pemasangan APK berbentuk baliho di Kecamatan Cimahi Selatan meliputi, Kelurahan Cibeureum, Kelurahan Melong, Kelurahan Leuwigajah, dan Kelurahan Utama. 

Baca Juga : Stop!Jangan Jadikan RT/RW Alat Politik Peserta Pemilu 2019

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Utara meliputi, Kelurahan Baros, Kelurahan Padasuka, Kelurahan Pasirkaliki, Kelurahan Cipageran dan Kelurahan Citeureup.

Selain itu ketentuan pemasangan APK berbentuk spanduk di Kecamatan Cimahi Selatan, Kecamatan Cimahi Tengah dan Cimahi Utara meliputi, Kelurahan Cibeber, Kelurahan Utama, Kelurahan Leuwigajah, Kelurahan Melong, Kelurahan Cibeureum, Kelurahan Padasuka, Kelurahan Setiamanah, Kelurahan Karang Mekar, Kelurahan Cigugur, Kelurahan Baros, Kelurahan Cipageran, Kelurahan Pasirkaliki dan Kelurahan Cibabat.

Kedepannya Yana menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan untuk melakukan penindakan terhadap APK yang melanggar ketentuan yang sudah disepakati.

"Jika nanti masih ada yang melanggar ketentuan, pasti akan langsung ditindak oleh Bawaslu dan Satpol PP," tandasnya.

Baca Lainnya