Sabtu, 21 Juli 2018 15:52

Hasil Verifikasi Bacaleg di Cimahi: dari Ijazah Hingga Surat Pengadilan

Reporter : Fery Bangkit 
Ketua KPU Kota Cimahi, Dadan Fadila Menyerahkan Berkas Hasil Verifikasi Bacaleg Kepada Partai Golkar Kota Cimahi, Sabtu (21/7/2018).
Ketua KPU Kota Cimahi, Dadan Fadila Menyerahkan Berkas Hasil Verifikasi Bacaleg Kepada Partai Golkar Kota Cimahi, Sabtu (21/7/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menyerahkan hasil verifikasi daftar Bakal Calon Legislatif (bacaleg) DPRD Kota Cimahi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2018.

Penyerahan berlangsung di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren, Sabtu (21/7/2018), dengan dihadiri para perwakilan partai politik (parpol) yang berbasis di Kota Cimahi.

Baca Juga : 16 Parpol di KBB Daftarkan Bacalegnya

Dari data yang masuk ke KPU Kota Cimahi, jumlah Bacaleg yang terdaftar mencapai 570 orang. Jumlah tersebut direkap dari 14 partai politik (parpol).

"Jumlahnya ada 570 Bacaleg. Laki-lakinya 354 orang, sementara perempuannya 216 orang," terang Ketua KPU Kota Cimahi, Dadan Fadilah Rivai disela-sela penyerahan.

Baca Juga : Alhamdulillah....Daftar Bacaleg sudah, Tinggal Tahapan Berikutnya

Parpol sendiri maksimal diperbolehkan mendaftarkan maksimal 45 Bacalegnya yang ditempatkan di enam Dapil. Namun, dari 14 parpol, tidak semuanya mendaftarkan kuota Bacaleg sebanyak 45.

Sebab, Partai Garuda hanya mendaftarkan 22 Bacaleg, PBB 11 Bacaleg dan PSI 42 Bacaleg. Sedangkan 11 parpol lainnya, seperti Partai Golkar, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, Partai Perindo, PKB, PDIP, PAN, PPP, Partai Hanura, dan Partai Gerindra memenuhi kuota maksimal.

Baca Juga : Minat Masyarakat jadi Bacaleg Menurun Drastis

Berdasarkan hasil verifikasi, terang Dadan, rata-rata kekurangan syarat Bacaleg untuk semua partai politik itu paling dominan adalah ijazah yang belum dilegalisir. Selain itu, aja juga kekurangan lainyya seperti tidak menyertakan foto.

"Terus (surat) pengadilan juga masih yang fotocopy, harusnya asli," tegasnya.

Dadan menjelaskan, setelah berkas diserahkan, semua partai politik dan Balacegnya harus memperbaiki catatan kekurangan berdasarkan verifikasi yang dilaksanakan pihaknya.

"Kita diberikan kesempatan sampai tanggal 31 Juli untuk melengkapi data bacaleg tersebut," terangnya.

Baca Lainnya