Senin, 16 Oktober 2017 14:25

Hari Terakhir Penyerahan , KPU Kota Cimahi Berikan Kelonggaran

Politik KPU Cimahi
KPU Kota Cimahi Menerima Berkas Keanggotaan Partai Politik
KPU Kota Cimahi Menerima Berkas Keanggotaan Partai Politik [Foto: Fey]

Limawaktu.id, - Di hari terakhir penutupan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi memberikan kelonggaran terhadap partai politik untuk menyerahkan bukti keannggotaan. Kelonggaran tersebut berupa, partai politik cukup hanya menyerahkan bukti keoanggotaan seperti KTP-el dan KTA minimal 532.

Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Dananjaya menjelaskan, meski daftar nama partai di Cimahi berbeda dengan data dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sippol), asal batas minimal terpenuhi, maka KPU Kota Cimahi akan menerimanya.

“Surat edaran KPU RI No. 580 itu memperbolehkan KPU untuk menerima berkas ketika kurang lengkap dengan data Sippol, yang penting pada koridor batas minimal,” kata Handi, saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Senin (16/10/2017).

Meski begitu, ditegaskan Handi, Sippol masih tetap jadi rujukan KPU Kota Cimahi dalam penerimaan berkas keaonggotaan partai di Cimahi.

Hingga pukul 12.00 WIB, Senin (16/10), tercatat baru lima partai yang dinyatakan lengkap oleh KPU Kota Cimahi. Kelima partai tersebut ialah Perindo, NasDem, PSI, PPP dan Gerindra.

Menurut informasi, mayoritas partai politik di Kota Cimahi akan menyerahkan berkas keaonggotaan sore nanti. Tercatat, masih ada 12 partai yang berkas keanggotaaanya belum diterima KPU Kota Cimahi. (kit)*