Selasa, 26 Juni 2018 14:08

H-1 Pencoblosan Pilgub Jabar 2018, 14 Pemilih Belum Cetak KTP-el, tapi.....

Reporter : Fery Bangkit 
Pilkada Jabar 2018.
Pilkada Jabar 2018. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Kartu Tanda Penduduk Elektronik (ktpel) bagi 14 warga Cimahi yang masuk Daftar pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 belum tercetak.

Ke-14 warga itu berasal dari Kecamatan Cimahi Selatan sebanyak lima orang, Kecamatan Cimahi Tengah lima orang dan Kecamatan Cimahi Utara empat orang.

Baca Juga : Masuki Masa Tenang Pilgub Jabar 2018, Panwaslu Kota Cimahi akan Copot Semua Propaganda Politik

Meski begitu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Kota Cimahi, M Suryadi memastikan, ke-14 pemilih pemula tersebut bisa menyalurkan hak pilihnya pada 27 Juni mendatang.

Pasalnya, jelas dia, 14 orang yang pada 27 Juni besok mengunjak usia 17 tahun itu sudah melakukan foto dan perekaman KTP-el. Datanya sudah ada di Disdukcapil Kota Cimahi.

Baca Juga : Pastikan Kelengkapan Logistik Pilgub Jabar 2018, KPU Kota Cimahi Bongkar Semua Kotak Suara

"Yang namanya per hari ini (belum dicetak) 14 orang. Namanya sudah masuk DPT," terang Suryadi saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (26/6/2018).

Dikatakannya, meski belum mengantongi KTP-el, warga yang belum tercetak tersebut akan diberikan Surat Keterangan (Suket). Bahkan, kemungkinan KTP-nya bisa dicetak besok.

Baca Juga : H-1 Pencoblosan, KPU Kota Cimahi Baru akan Distribusikan Logistik Pilgub Jabar 2018

Pihaknya mengklaim sudah melakukan komunikasi dengan ke-14 warga itu agar segera datang ke pelayanan Disdukcapil Kota Cimahi.

"Besok (pencoblosan) dia dapat Suket. Kalau kalau sore ini (besok) bisa dicetak KTP-nya," tegasnya.

Baca Juga : H-1 Pencoblosan, KPU Kota Cimahi Distribusi Logistik Pilgub Jabar di Cimahi

Secara keseluruhan, lanjut Suryadi, semua DPT asal Cimahi yang berjumlah 364.980 orang dipastikan bisa menyalurkan hak pilihnya, baik menggunakan KTP-el maupun Suket.

Terakhir, pihaknya telah mengeluarkan Suket sebanyak 900 lembar khusus bagi warga yang tercantum dalam DPT. Selain itu, 263 purnawirawan TNI-Polri yang saat Pilwalkot Cimahi 2017 belum bisa mencoblos, kini mereka akan ikut serta dalam pesta demokrasi.

"263 pensiunan TNI-Polri sekarang punya hak pilih," tandasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer