Kamis, 11 April 2019 18:42

Gerakan Rabu Putih Ansor untuk Mensukseskan Pemilu 2019

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Maraknya info hoax dan ujaran kebencian yang beredar di masyarakat serta media sosial membuat keprihatinan Gerakan Pemuda Ansor. Pasalnya, selain bisa mengganggu suasana kondusif menjelang kontestasi Pemilu 2019, juga mengundang kerawanan sosial. 

Menyikapi hal tersebut, Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Cimahi mendeklarasikan diri untuk melaksanakan Gerakan Rabu Putih saat pelaksanaan Pemilu 2019 ini. Hal itu terungkap saat pelaksanaan Rapar Koordinasi Cabang (Rakor) PC GP Ansor Kota Cimahi, yang digelar di Pondok Pesantren Jamiatul Quro, Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, pada Rabu (10/4) malam. 

Baca Juga : Ais Pangampih Kampung Adat Cireundeu:Jangan Golput!

"Kita akan ikut menjaga keamanan jalannya Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden pada 17 April 2019, dengan menerjunkan anggota Banser di tiap TPS," kata pimpinan Banser Kota Cimahi, Saeful Bachri, usai deklarasi. 

Tak hanya ikut berpartisipasi membantu aparat keamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2019, pihaknya juga akan menjemput para pemilih yang memiliki hak suara untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019. 

Baca Juga : Tak Menunggu Masa Tenang, Caleg Hanura Kanda Kurniawan Inisiatif Bersihkan Alat Kampanye 

"Jika ada pemilih yang tidak bisa datang ke TPS kita akan jemput untuk menggunakan hak pilihnya, sehingga suaranya tersalurkan, " paparnya. 

Dikatakannya, Banser akan menerjunkan anggotanya di setiap TPS yang ada di Kota Cimahi. Jika pun tak seluruhnya, 75 persen TPS yang ada, Banser akan hadir disekitar TPS. 

Baca Juga : H-6 Pencoblosan Pemilu, Panwascam Sindangkerta Ramai-ramai Ancam Undur Diri

Sementara, Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kota Cimahi Salman mengatakan, Gerakan Rabu Putih merupakan usaha yang dilakukan oleh Ansor dalam mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan. 

"Selain menjaga keamanan, kita juga akan mengajak pemilih untuk menggunakan haknya, sehingga partisipasi pemilih di pemilu tahun ini akan lebih meningkat," jelasnya. 

Jika partisipasi pemilih meningkat, kata Salman, maka akan ada peningkatan kedaulatan rakyat. Jika kedaulatan rakyat lebih tinggi lagi negara ini akan kuat. 

"Kami harapkan dengan partisipasi yang meningkat, negara ini akan kuat dan terpilih pemimpin yang bisa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," lanjut dia. 

Terkait dengan adanya isu soal gangguan saat pileg, pihaknya sudah menerima informasi tentang hal itu. Namun, dia optimistis pelaksanaan Pemilu khususnya di Cimahi bisa berjalan lancar dan aman. 

"Selain menjaga suasana aman dan damai, Ansor juga berusaha mengajak warga untuk sadar menggunakan hak pilihnya," pungkas dia.

Baca Lainnya