Selasa, 8 Mei 2018 15:52

GANDI bakal Ekspos dan Diskusi Lanskap Politisasi SARA dalam Pilkada Serentak 2018

Reporter : Jumadi Kusuma
Ekspos Hasil Kajian dan Dialog Publik dengan tema “Lanskap Politisasi SARA dalam Pilkada Serentak 2018”.
Ekspos Hasil Kajian dan Dialog Publik dengan tema “Lanskap Politisasi SARA dalam Pilkada Serentak 2018”. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- pilkada serentak 2018 yang akan digelar pada 27 Juni 2018 di 171 wilayah, provinsi dan kabupaten/kota ditengarai bakal terjadi kerawanan isu SARA, demikian siaran pers Gerakan Perjuangan Anti Diskriminasi (GANDI) yang diterima limawaktu.id, Selasa (8/5/18).

Diketahui, berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Bawaslu RI tahun 2017 atas 171 daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak terdapat daerah-daerah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi dan rendah, yang didalamnya mencakup isu SARA.

Karenanya untuk memahami kondisi tersebut GANDI akan menggelar Ekspos Hasil Kajian dan Dialog Publik dengan tema “Lanskap politisasi SARA dalam Pilkada Serentak 2018”, pada Jumat (11/5/18), pukul 15.30-17.30 WIB, bertempat di KE:KINI ruang bersama Jl. Cikini Raya No. 43-45, Menteng, Jakarta Pusat.

Peneliti GANDI, Chusdarmawan Hidayat, S.Sos., M.S.E menyatakan Ekspos dan Diskusi tersebut akan memaparkan hasil penelitian dan menjawab berbagai pertanyaan kunci.

"Bagaimana konstelasi isu SARA itu diproduksi, dikelola, dan dijadikan sebagai komoditas politik dalam pilkada yang diselenggarakan pada tahun politik ini?. Bagaimana penyelenggara pemilu mengantisipasi dan menangani isu SARA dalam pilkada serentak 2018 ini?. Dan yang tak kalah penting, bagaimana kondisi pembangunan dan kesejahteraan sosial di daerah-daerah yang memiliki kecenderungan rawan politik SARA ini?. Apakah politik SARA memiliki keterkaitan erat dengan problem keadilan dan kesejahteraan daerah-daerah tersebut?," paparnya.

Adapun narasumbernya antara lain, Nyarwi Ahmad (Pakar Komunikasi Politik UGM), Mochammad Afifuddin (Komisioner Bawaslu RI), Chusdharmawan Hidayat (Peneliti GANDI) dan Ahmad Ari Masyhuri (Ketua Panwas Jakarta Selatan 2017).

Baca Lainnya