Kamis, 5 Oktober 2017 14:54

Duh, di Cimahi Sudah Banyak Spanduk Cagub Jabar yang Melanggar Perda

Politik Pilkada Jabar 2018
Alat peraga kampanye yang terpasang di tiang listrik
Alat peraga kampanye yang terpasang di tiang listrik [limawaktu]

Limawaktu.id - Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat tahun 2018, spanduk bakal calon mulai terpasang di sejumlah titik di Kota Cimahi.

Sayang, dari puluhan alat peraga yang terpasang, semuanya melangar Peraturan Daerah (Perda) No. 8 tahun 2009 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3). Pasalnya, spanduk  terpasang di tiang listrik dan pohon, yang seharusnya steril.

Wakil Kepala Satpol PP Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengakui, spanduk bermuatan politik yang melanggar di Kota Cimahi sudah marak. Untuk itu, pihaknya akan menertibkan spanduk-spanduk tersebut.

"Ada beberapa memang yang terpasang di tiang listrik atau pohon. Kami sudah tugaskan untuk diturunkan saja, karena bukan pada tempatnya," tegasnya saat dihubungi via telepon, Kamis (5/10/2017).

Dikatakannya, selain spanduk bermuatan politik, masih banyak spanduk lainnya, seperti spanduk iklan komersil yang dipasang tidak pada tempatnya.

"Ada juga spanduk komersil banyak yang dipohon, akan kita turunkan," katanya.

Namun, lanjut Dadan, pihaknya juga dipastikan berkoordinasi dengan sejumlah dinas, seperti Dinas Penanaman Modal dan Perjzinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) dan Kesbang Kota Cimahi terkait maraknya spanduk yang melanggar.

Ia menghimbau, segala bentuk pemasangan alat peraga atau spanduk komersil lainnya terlebih dahulu harus mengurus izin kepada dinas terkait, dan tentunya tidak memasang difasilitas yang dilarang, seperti pohon, tiang listrik, tempat beribadah dan lain-lain. (kit)*