Sabtu, 20 April 2019 15:14

Dua Kubu Capres dan Cawapres Saling Klaim Kemenangan

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id -Dua kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu serentak 2019 saling klaim kemenangan, dua hari usai pelaksanaan pencoblosan yang digelar pada Rabu 17 April 2019.

Klaim kemenangan kubu Jokowi-Maruf">Jokowi-Maruf disampaikan oleh Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko, yang digelar dalam jumpa pers pada Kamis 19 April 2019.

Baca Juga : Diduga Kelelahan, Petugas KPPS di Kab Bandung Meninggal Dunia

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menjadikan pasangan Joko Widodo dan KH Makruf Amin sebagai pemenang di Pemilihan Presiden,” kata Moeldoko, saat Jumpa pers.

Sementara, kubu paslon Prabowo Sandi, selain mengungumumkan kemenangannnya di Pilpres 2019, juga melaksanakan syukuran di posko pemenangan paslon nomor urut 2 jalan Kertanegara, Jakarta.

Baca Juga : KPU Kota Cimahi Masih 'Mentah' Selenggarakan Pemilu 2019

Klaim Kemenangan Prabowo-Sandi tersebut dilakukan langsung oleh Capres Prabowo Subianto, didepan para pendukungnya.

“Saudara-saudara kemenangan sudah didepan mata, meskipun diwarnai dengan cobaan dan segala bentuk ancaman intimidasi, dan praktek yang menyimpang dari kaidah demokrasi, namun kehendak rakyat tak bias ditekan-tekan lagi,” ucap Jokowi saat meyampaikan pidato kemenangannya.

Baca Juga : Jaga Kondusifitas Pemilu, Polisi Jaga Ketat Rekapitulasi Suara Cimahi-KBB

Sedangkan Ketua KPU Arif Budiman meminta kepada seluruh pihak agar menghormati seluruh tahapan penghitungan suara yang sedang berlangsung secara berjenjang. Pihaknya mengklaim, KPU melaksanakan proses dan tahapan Pemilu ini secara terbuka, transparan, berintegritas, profesional dan tetap menjaga independensi.

“Percayalah, kami melaksanakan proses ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Baca Lainnya