Selasa, 9 Januari 2018 19:14

Dinamika Politik Pasangan Elin-Maman di Pilkada KBB 2018

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Elin-Maman.
Elin-Maman. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya memastikan diri menjadi pendamping Elin S Abubakar dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat 2018.

Sebagai abdi negara alias Pegawai Negeri Sipil (PNS), Maman diharuskan berhenti dari jabatan dan posisinya sebagai PNS, karena akan terlibat dalam politik, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bandung Barat yang digelar serentak pada 27 Juni 2018.

Terkait statusnya tersebut, Maman mengaku belum mengajukan surat pengunduran diri sebagai PNS. Ia terlebih dahulu akan melakukan konsultasi dengan Bupati Bandung Barat, Abubakar.

“Sesuai ketentuan bahwa saya harus mengundurkan diri. Itu disampaikan saat adanya penetapan calon. Saya juga akan minta pengarahan kepada Pak Bupati apakah suratnya kapan harus disampaikan. Ini proses juga kan ke kementrian, kaitan dengan pusat,” jelas Maman saat ditemui usai mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Selasa (9/1/2017).

Ditegaskannya, bila pencopotan jabatannya sebagai Sekretaris Daerah, hanya cukup sampai Gubernur saja. Sementara pengurusan statusnya sebagai PNS harus melalui Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Terkait kansnya di Pilkada Bandung Barat 2018, ia dan Bu Elin mengaku optimis akan memenangkannya. “Kita optimis insyaAlloh dengan kepercayaan dari masyarakat, kita optimis,” ujarnya.

Soal rekomendasi dari partai pengusung, lanjut Maman, surat rekomendasi yang digenggamnya sudah ada ditangan Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung Barat.

“Sejak awal Pak Abubakar selaku Ketua DPC menyampaikan bahwa kami pasangan ini akan didukung beberapa partai. Saya kira PPP, PKB yang sudah sampai ke Pak Abubakar selaku Ketua DPC,” tuturnya.

Di tempat sama, Elin S Abubakar masih bungkam soal rekomendasi partai. “Soal surat rekomendasi saya kira saya tidak perlu menjawab di sini, yang penting jadwal pendaftaran yaitu besok malam setelah magrib,” katanya. (kit)