Kamis, 2 Agustus 2018 13:55

Di Cimahi ada Bacaleg Nyalon di Partai ini dan itu

Reporter : Fery Bangkit 
Dadan Fadilah Rivai, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi.
Dadan Fadilah Rivai, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menemukan data ganda bakal calon Anggota DPRD Kota Cimahi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Temuan itu didapat dari hasil verifikasi dan perbaikan syarat Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Partai Politik (Parpol) bersangkutan sudah memperbaiki data Bacaleg ganda tersebut.

Baca Juga : 16 Parpol di KBB Daftarkan Bacalegnya

"Ada posisinya ditemukan ganda dengan partai lain," kata Dadan Fadilah Rivai, Ketua KPU Kota Cimahi saat ditemui, Kamis (2/8/2018).

Parpol yang memiliki data Bacaleg ganda ialah PDIP dengan PSI serta PAN dengan Partai Perindo. "Jadi namanya ada di dua partai. Tapi sudah diperbaiki," terang Dadan.

Baca Juga : Bacaleg di Kota Cimahi Diminta Kurangi APK Berbahan Plastik

Pada awal pendaftaran 3-17 Juli kemarin, KPU Kota Cimahi menerima 570 Bacaleg dari 14 Parpol. Data tersebut telah diverifikasi dan sudah melalui perbaikan persyaratan hingga 31 Juli kemarin.

Pada masa perbaikan persyaratan, ada juga beberapa Parpol yang mengganti Bacalegnya. Selain itu, ada juga yang mengundurkan diri.

Baca Juga : KPU KBB Sulit Lacak Status Kades yang Nyaleg

Namun, meski sudah melalui proses perbaikan persyaratan, Dadan belum bisa menyebutkan secara rinci berapa jumlah Bacaleg yang bertahan hingga saat ini. Pasalnya, masih ada maka tahapan selanjutnya adalah verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon pada 1-7 Agustus 2018.

Setelah proses perbaikan, maka tahapan selanjutnya adalah penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), sebelum akhirnya diumumkan pada 12-14 Agustus 2018.

Setelah DCS DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024, maka tahapan berikutnya adalah masukan dan tanggapan masyarakat yang dilaksanakan 12-21 Agustus. Lalu, pada 22-28 Agustus, ada tahapan permintaan klarifikasi kepada Parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS.

"Hasil klarifikasi dari Parpol kepada KPU dilaksanakan tanggal 29-31 Agustus," terang Dadan.

Tahapan selanjutnya, ialah pemberitahuan pengganti DCS pada 1-3 September. Bila ada penggantian DCS, KPU memberikan waktu pada 4-10 September. Pengganti DCS itu akan diverifikasi pada 11-13 September.

Selanjutnya, tahapan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Kota Cimahi akan dilaksanakan 14-20 September. "Pengumuman DCT itu tanggal 21-23 September 2018," tandas Dadan.

Baca Lainnya